Penerapan metode Think Pair Share (TPS) untuk meningkatakan hasil belajar siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Jiwan

Ulfatul Umah, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Siswa kelas XII TKJ yang berjumlah 23 anak yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat memuaskan. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 70,8 dengan presentasai ketuntasan 76,2%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas mencapai 84,5 dengan presentasi ketuntasan 85,6%. Sebelum dilakukan penelitian hasil observasi awal yang di lakukan di SMK Negeri 1 Jiwan diketahui bahwa hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang opitmal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat diterapkan di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Kunandar. 2011 . Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lie, A. 2004 . Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sanjaya. 2009 . Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2010 . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim. 2010 . Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter