Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun

Tetra Rahayu, Tantri Mayasari

Abstract


Literasi digital adalah sebuah keterampilan abad ke-21 yang diperlukan untuk siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kota Madiun. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMK Gamaliel 1 Kota Madiun jurusan Teknik Audio Video (TAV) dan Teknik Permesinan C (TPM C) tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 15 siswa dan 23 siswa. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X SMK Kota Madiun. Penelitian ini bertujuan bertujuan mengetahui kemampuan awal literasi digital siswa SMK Gamaliel 1 Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital siswa dalam pembelajaran fisika masih rendah, khususnya pada aspek sosial-emosinal pada indikator etika sebesar 40% pada kelas X TAV, indikator penemuan 50% pada kelas X TPM C, indikator presentasi 46.7% untuk kelas X TAV dan 34.8% kelas X TPM C serta indikator kreativitas (46.7% kelas X TAV dan 43.5% kelas X TPM C). Rendahnya kemampuan dalam beberapa indikator disebabkan kurangnya pengintegrasian literasi digital dengan pengajaran maupun penugasan mata pelajaran fisika dalam suatu bentuk model pembelajaran yang dapat diterapkan.

Full Text:

PDF

References


Ng, W. (2012). Can We Teach Digital Natives Digital Literacy? Computer and Education,1-15.

APJII. (2016, November). Buletin APJII. Buletin APJII Edisi 05 , pp. 1-7.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya.

Techataweewan, W., & Prasertsin, U. (2017). Development of digital literacy indicators for Thai undergraduate students using mixed method research. Social Sciences , 1-7.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter