Model pendidikan profesi guru: perbandingan Indonesia dan Finlandia

Caraka Putra Bhakti, Muhammad Alfarizqi Nizamuddin Ghiffari

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pendidikan profesi guru di Indonesia dan di finlandia. Pendidikan yang berkualitas dapat diperoleh dari kualitas guru yang baik. Menghasilkan guru yang berkualitas diperoleh dari pendidikan profesi guru. Pendidikan profesi guru yang sesuai dan mampu meningkatkan profesionalitas seorang calon guru dilihat dari berbagai macam aspek seperti proses pembelajaran profesi guru, syarat kelulusan, mata kuliah yang dipelajari dan lain sebagainya. pendidikan profesi guru di Indonesia dan di finlandia terdapat perbedaan. Finlandia sebagai Negara yang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas tentu dipengaruhi oleh guru yang berkualitas pula. Terdapat perbedaan pendidikan profesi di Indonesia dengan di finlandia. Dengan demikian perbedaan ini akan diperoleh kelebihan dari masing-masing Negara dan menjadi referensi untuk meningkatkan pendidikan profesi guru di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Intan, Ahmad 2016 Arah & Kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: Kurikulum dan Sistem Pembelajaran LPTK (Makalah Disampaikan di Konferensi Nasional Pendidikan (KONASPI) ke VIII di Universitas Negeri Jakarta 14 Oktober 2016)

Suyanto 2007 Tantangan Profesional Guru di era Global (Pidato Dies Natalies ke 43, Universitas Negeri Yogyakarta) [3] Bhakti, C. P., Urbayatun, S., & Maryani, I 2016 The Pedagogical Communication Skill of Senior High School (SHS) Teachers in North Maluku Province, Indonesia. (atmosphere vol 5) p.8

Surapranata, Sumarna 2015 Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (Kemenrisetdikti: Jakarta)

Akindutire, I O dan Ekundayo 2012 Teacher Education in a Democratic Nigeria: Challenges and the Way forward (Educational Research Vol 3) p.429-435.

Azhar 2009 ‘Kondisi LPTK Sebagai Pencetak Guru Profesional’, (Jurnal Tabularasa PPS Unimed vol 6) p.1-13.

Shalberg,Pasi 2010 The Secret to Finland’s Success: Educating Teachers (Stanford Center for Opportunity Policy in Education- Research Brief)

Campbell ,Carol 2011 Teacher and Leader Effectiveness in High-Performing Education Systems (SCOPE: California)

Zhang, N., Zhao, H., & Liu, Z 2015 The concept and practice of the training course for preschool teacher in Finland. (Foreign Education Research, vol 46)

Zeng, Bin. 2016. Study on the Model of Preschool Education in Finland.( Asian Social Science. vol 12)

Ostinelli, Giorgio 2009 Teacher Education in Italy, Germany, England, Sweden and Finland. (European Journal of Education vol 44)

Nursalim, Mochammad 2015 Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling (Erlangga: Jakarta)

Efferi, Adri 2015 Model Pendidikan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. (QUALITY: Jurnal Pendidikan Islam vol 3)

Chotimah, umi 2009 Peranan LPTK Dalam Mewujudkan Guru Yang Profesional: Suatu Tantangan dan Harapan, (Makalah disampaikan pada kegiatan Seminar nasional Pendidikan, di Palembang, tanggal 14 Mei 2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter