Profil kemampuan berpikir kreatif fisika siswa SMP

Farida Amrul Almuharomah, Tantri Mayasari

Abstract


Berpikir kreatif merupakan perwujudan dari kreativitas. Berpikir kreatif berhubungan dengan kemampuan merencanakan dan mengembangkan pikiran inovatif serta menampilkannya. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif pelajaran fisika siswa SMP kelas VIII. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP. Sampel penelitian yang digunakan 30 siswa yang dipilih secara random sampling . Instrumen yang di teskan berupa soal uraian sebanyak 4 buah. Masing-masing soal mewakili indikator kemampuan berpikir kreatif. Deskriptif digunakan untuk menjelaskan mengenai data-data yang diperoleh secara terperinci. Pendekatan kualitatif dalam penelitian bertujuan agar data yang diperoleh layak disajikan. Indikator yang digunakan merupakan indikator yang telah disusun oleh seorang ahli. Dari analisis data, ditemukan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam tingkat cukup yaitu sebesar 55,38%.Indikator berpikir lancar (fluency) sebesar 39,20% merupakan indikator dengan persentase terendah, berpikir luwes (flexibility) mendapat persentase tertinggi yaitu sebesar 71,70%,berpikir orisinil (originality) sebesar 67,50%,serta berpikir memerinci (elaboration) sebesar 43,10%.

Full Text:

PDF

References


Milgram, N. A., & Milgram, R. M. (1978). Creative Thinking and Creative Performance in Israeli Students. Journal of Educational Psychology , 255-259.

Faktaleaks. (2017, Mei 05). Inilah-10-Miliarder-Muda-Terkaya-di-Dunia-2017. Retrieved Januari 13, 2018, from www.kaskus.co.id.

http://www.kaskus.co.id/thread/590c6e68dac13eec6a8b456e/inilah-10-miliarder--muda-terkaya-di-dunia-2017

OECD. (2016). PISA 2015 Result(Volume 1) : Excellent and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Fink, A., Benedek, M., Grabner, R. H., Staudt, B., & Neubauer, A. C. (2007). Creativity meets neuroscience : Experimental tasks for the neuroscientific study of creative thinking. Methods , 68-76.

Matud, M. P., Roddriguez, C., & Grande, J. (2007). Gender Differences in Creative Thinking. Personality and Individual Differences , 1137-1147.

Kim, K. H. (2011). The Creativity Crisis : The Decrease in Creative Thinking Scores on the Torrance Test of Creative Thinking. Creativity Research Journal , 285-295.

Moeloek, A. F., Wirakartakusumah, M. A., Indrayanto, G., Gunawan, J., Indrajit, R. E., Jamna, J., et al. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BNSP.

Sari, I. M., Sumiati, E., & Slahaan, P. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar(PTD). Jurnal Pengajaran MIPA , 60-68.

Astuti, W. (2014). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Bandung: repository.upi.edu.

Nuriyanah, S. (2015). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui praktikum sederhana. 16-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter