Identifikasi miskonsepsi teori kinetik gas pada siswa Kelas XI MA Nurul Ummah Yogyakarta

Wildan Navisa Barra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada topik teori kinetik gas. Rancangan penelitian adalah penelitian survei yang melibatkan 14 siswa kelas XI-IPA MA Nurul Ummah Yogyakarta tahun akademik 2014/2015 dengan menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka yang berjumlah 21 butir. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi terbanyak dialami 28,57% siswa dengan bentuk miskonsepsi, yaitu partikel gas ideal selalu bergerak secara teratur dengan kecepatan tetap setiap saat. Selanjutnya diikuti oleh miskonsepsi-miskonsepsi seperti tekanan partikel gas hanya bergantung pada temperatur gas (14,29%); karakteristik partikel gas tidak ideal adalah sukar bergerak bebas (14,29%) atau partikel gas yang selalu diam (14,29%); kesamaan jumlah molekul setiap jenis zat gas karena besar massa, temperatur dan tekanan gas yang sama (14,29%) dan kesamaan besar massa setiap jenis gas di setiap molnya karena kesamaan dari tekanan dan temperature gas (14,29%). Miskonsepsi siswa dipengaruhi oleh pengetahuan siswa yang kurang lengkap karena kegagalan dalam mengaktivasi satu atau beberapa pengetahuan dan penalaran yang salah.

Full Text:

PDF

References


Adodo S O 2013 Effects of Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Assessment Items on Students’ Learning Outcome in Basic Science Technology (BST) Academic Journal of Interdisciplinary Studies 2 201

Young H D dan Freedman R A 2002 Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid I (Jakarta: Erlangga)

Arida P dan Wasis 2013 Pembelajaran dengan Praktikum Sederhana untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 2 Tuban Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 2 117

Okimustava, Ishafit, Suwondo, N, Resmiyanto, R 2014 Pengembangan Kuliah Eksperimen Fisika dengan Teknologi Multimedia. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika 1 1

Anonim 2006 Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA (Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan)

Sutopo 2016 Pemahaman Mahasiswa tentang Konsep-Konsep Dasar Gelombang Mekanik Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 12 41

Gonen S and Kocakaya S 2010 A Physics Lesson Designed According to 7E Model with the Help of Instructional Technology (Lesson Plan) Turkish Online Journal of Distance Education 11 98

Suparno P 2013 Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia)

Foisy L M B, Potvin P, Riopel M and Masson S 2015 Is inhibition involved in overcoming a common physics misconception in mechanics? Trends in Neuroscience and Education 4 26

Utami, D N and Wulandari H R T 2016 The use of astronomy questions as an instrument to detect student's misconceptions regarding physics concepts at high school level by using CRI (Certainty of Response Index) as Identification Methods Journal of Physics: Conference Series 771 1

Bandyopadhyay A and Kumar A 2010 Probing students’ understanding of some conceptual themes in general relativity Physical Review Special Topics - Physics Education Research 6 1

Zainuddin M and Harizal 2012 Analyzing of Students’ Misconceptions on Acid-Base Chemistry at Senior High Schools in Medan Journal of Education and Practice 3 65

Daud N S N, Karim M M A, Hassa S W N W and Rahman, N A 2015 Misconception and Difficulties in Introductory Physics Among High School and University Students: An Overview in Mechanics Journal of Science, Mathematics and Technology 2 34

Kanli U 2014 A Study on Identifying the Misconceptions of Pre-service and In-service Teachers about Basic Astronomy Concepts EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education 10 471

Leinonen R, Asikainen M A and Hirvonen P E 2013 Overcoming students’ misconceptions concerning thermal physics with the aid of hints and peer interaction during a lecture course Physical Review Special Topics - Physics Education Research 2 1

Suwarto 2013 Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Nelson K G, McKenna A F, Brem S K, Hilpert J, Husman J and Pettinato E 2017 Students’Misconceptions about Semiconductors and Use of Knowledge in Simulations Journal of Engineering Education 106 218

Dega B G and Govender N 2016 Assessment of Students’ Scientific and Alternative Conceptions of Energy and Momentum Using Concentration Analysis African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 20 201

Salameh H N B 2017 How persistent are the misconceptions about force and motion held by college students? Physics Education 52 1

Kanginan M 2010 Physics 2B For Senior High School Grade XI 2nd Semester (Jakarta: Erlangga)

Zulfa I 201 Analisi Miskonsepsi Siswa dengan Certanty of Response Index (CRI) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Skripsi (Surabaya: UIN Sunan Ampel)

Gurel D K, Eryilmaz A, and McDermott L C 2015 A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 11 989

Salirawati D 2010 Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik SMA Disertasi (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta)

Şahin C and Çepni S 2011 Development of a Two Tiered Test for Determining Differentiation in Conceptual Structure related to “Floating-Sinking, Buoyancy and Pressure” Concepts Journal of Turkish Science Education 8 111

Darmadi H 2011 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)

Firdaus H 2014 Proses Perubahan Konsep Berdasarkan Cognitive Reconstruction of Knowledge Model pada Mata Pelajaran Fisika di Kelas XI IPA MAN 1 Garut Skripsi (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga)

Suryani dan Hendryadi 2015 Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam (Jakarta: Prenada Media Group)

Azwar S 2012 Reliabilitas dan Validitas Edisi 4 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Treagust D F, Chandrasegaran A L, Crowley J, Yung B H W,. Cheong I P A and Othman J 2010 Evaluating Students’ Understanding of Kinetic Particle Theory Concepts Relating to The States of Matter, Changes of State and Diffusion: A Cross-National Study International Journal of Science and Mathematics Education 8 141

Giancoli D C 2001 Fisika Jilid 1 Edisi Kelima (Jakarta: Erlangga)

Chang R 2005 Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid 1/Edisi Ketiga (Jakarta: Erlangga)

Levine I R 2002 Physical Chemistry Fifth Edition (New York: Mc Graw Hill)

Atkins P W 1996 Kimia Fisika Jilid 1 Edisi Keempat (Jakarta: Erlangga)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter