Profil kemampuan multirepresentasi siswa dalam materi fluida

Novi Shinta Anugraheni, Jeffry Handhika

Abstract


Penguasaan konsep siswa dapat diidentifikasi dari kemampuan multirepresentasinya dalam pemecahan masalah, karena siswa dituntut untuk mampu merepresentasikan dalam berbagai konsep representasi (multirepresentasi). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi kemampuan multirepresentasi siswa, dan 2) mengetahui profil kemampuan multirepresentasi siswa pada materi fluida kelas XI MIA I MAN 1 Madiun. Sumber data penelitian ini menggunakan tes uraian dengan rubrik milik Rosengrant yang memiliki 4 indikator kemampuan multirepresentasi. Sampel sumber data terdiri dari 25 siswa XI MIA 1 MAN 1 Madiun. Peserta yang mengikuti tes memiliki taraf representasi yang berbeda-beda, tes uraian yang diberikan sebanyak 7 butir soal yang mengandung representasi verbal, gambar, matematis dan grafik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, tes uraian dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 68% siswa mampu menyelesaikan soal dengan format representasi verbal dan matematis, 52% siswa dalam bentuk representasi gambar dan 21% siswa dalam bentuk representasi grafik.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2016). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Representasi Jamak. Yogyakarta: Media Akademi.

Rosengrant, D., & Finkelstein, N. D. (2007). Comparing Explicit and Implicit Teaching of Multiple Representation Use in Physics Problem Solving. Physics Education Research.

Nulhaq, s., & dkk. (2013). Analisis Profil Kemampuan Multirepresentasi Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1, 92-98.

Harun, M., Sutopo, & Kusairi, S. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Siswa pada Pokok Besaran Fluida. Pros. Semnas Pend IPA Pascasarjana UM, 361-364.

Andromeda, B., Djudin, T., & Maria S, H. T. (2017). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Konsep-Konsep Gaya di Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pelajaran, 1-16.

Rosengrant, D., Heuvelen, A. V., & Etkina, E. (n.d.). Case Study: Students' Use of Multiple Representation in Problem Solving. 1-4.

Kohl, P. B., Rosengrant, D., & Finkelstein, N. D. (2007). Strongly and Weakly Directed Approaches to Teaching Multiple Representation Use in Physics. Physical Review Special Topics- Physics Education Research, 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter