Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran fisika SMA

Suji Ardianti, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran fisika SMA pada materi listrik statis. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan, diantaranya; Tahap analisis, Tahap perancangan, Tahap pengembangan, dan Tahap implementasi. Berdasarkan hasil validasi isi instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis ditinjau dari tingkat validitas instrumen oleh ahli berkategori sangat valid dengan persentase 92%. Sedangkan tingkat validitas instrumen kedua guru fisika SMA berkategori sangat valid dengan persentase 80,75%. Instrumen tersebut mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,5467 dengan kriteria reliabilitas sedang.

Full Text:

PDF

References


Van de Walle, J. A. 2007. Elementary and Middle Schoolmathematics: Teaching

Developmentally, Sixth Edition. United States of America: Pearson Education, Inc

Mulyono, D.d. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Higgins, S., Hall, E., Baumfield, V., & Moseley, D. 2007. Learning skills and the development of

learning capabilities. Technical Report. In: Research Evidence in Education Library. London:

EPPI-Centre, Social Science Research Unit, Institute of Education, University of London.

(Online), (https://eppi.ioe.ac.uk), diakses 15 November 2017.

Matthew,Ruth and Jo Lally. 2010. The Thinking Teacher’s Toolkit: Critical Thinking, Thinking

Skillsand Global Perspective. New York:the MPG Books Group.

Macpherson,K.2014. The Development of critical Thinking skills in undergraduate supervisory management unit: efficacy of student peer assesment. Routledge: York University Libraries.

Leicester, Mal and Denise Taylor. 2010. Critical thinking across the curriculum. England: The Mc Graw-Hill Companies.

Tawil, Muh. dan Liliasari. 2013. Berfikir Kompleks dan Implementasi dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Trianto. 2011. Model-model dalam Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Erlina, N., Wicaksono, Iwan & Supeno.2016. Penalaran dalam Pembelajaran Fisika.:Jurnal Pascasarjana Pendidikan Sains: ISBN 978-602-72071-1-0

Rezeki, S dan Ishafit. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Media Simulasi dengan Modellus untuk Pembelajaran Kinematika di Sekolah Menengah Atas: Prosiding Lontar Physics Forum IV 2017: ISBN 978-602-0960-62-3.

Hartono.2008. Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter