Student Centered Learning: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional

I Wayan Santyasa

Abstract


Abad ke-21 merupakan abad pengetahuan yang menghendaki segala aktivitas berbasis pada pengetahuan. Pada abad ini sangat dibutuhkan keterampilan-keterampilan berpikir kritis, kreatif, kemampuan kolaboratif, metakognitif, kemampuan komunikasi, menguasai teknologi informasi, menjadi pebelajar sepanjang hayat, yang berlandaskan pada kecerdasan emosional, sosial, dan spirittual yang baik. Pembelajaran yang mengakomodasi tumbuh kembangnya keterampilan-keterampilan tersebut seyogyanya bersifat inovatif. Di samping mengandung makna pembaharuan, pembelajaran inovatif juga memberikan kebebasan kepada para mahasiswa calon guru, memberdayakan mereka secara otonom, dan mengembalikan ke fitrah mereka sebagai manusia. Prinsip ini sangat penting mengingat dalam profesi keguruan mereka akan hadir menjadi contoh dan memberikan pelayanan secara optimal, proporsional, dan profesional pada para peserta didik berbasis pada pengakuan bahwa para peserta didik yang dilayaninya adalah sama dengan diri mereka, adalah sosok berada dan mengada, yang dalam proses perkembangannya memerlukan bimbingan. Dalam konteks ini, pembelajaran yang dilandasi oleh faham konstruktivist sangat relevan untuk diimplementasikan. Implementasi faham tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan student-centered learning. Dalam perkuliahan, beberapa model pembelajaran yang seirama dengan pendekatan SCL dapat diterapkan. Model-model tersebut misalnya problem-based learning, project-based learning,  self-regulated learning, NOS oriented learning, collaborative problem solving task, inquiry learning, group investigation, conceptual change model, dan  lain-lain. Kehadiran dosen dibutuhkan sebagai fasilitator kreatif, mediator dinamis, dan pembimbing serta penilai yang humanis.

Full Text:

PDF

References


Barr, R. B. & Tagg, J. (1995). From teaching to learning: A new paradigm for undergraduate education. Change, 13-25.

Barry, M. (2012). What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online). Tempe, AZ: University of Phoenix.

Benett, Y. (1999). The validity and reliability of assessments and self-assessments of Work Based Learning. In P. Murphy (Ed.). Learners, Learning and Assessment. London: Open University Press.

Black, P. (1999). Assessment, learning theories and testing systems. In P. Murphy (Ed.). Learners, Learning and Assessment. London: Open University Press.

Brandes, D., & Ginnis, P. (1986). A Guide to Student Centred Learning. Oxford: Blackwell.

Burnard, P. 1999. Carl Rogers and postmodernism: Challenged in nursing and health sciences. Nursing and Health Sciences 1, 241-247.

Carlile, O. & Jordan, A. (2005). It works in practice but will it work in theory? The theoretical underpinnings of pedagogy. In S. Moore, G. O’Neill, and B. McMullin (Eds.). Emerging Issues in the Practice of University Learning and Teaching. Dublin: AISHE.

Cobb, P. (1999). Where is the Mind? In P. Murphy (Ed.). Learners, Learning and Assessment. London: Open University Press.

Donnelly, R. & Fitzmaurice, M. (2005). Designing modules for learning. In S. Moore, G. O’Neill, and B. McMullin (Eds.). Emerging Issues in the Practice of University Learning and Teaching. Dublin: AISHE.

Gibbs, G. (1995). Assessing Student Centred Courses. Oxford: Oxford Centre for Staff Learning and Development.

Harden, R. M., & Crosby, J. (2000). AMEE Guide No 20: The good teacher is more than a lecturer-the twelve roles of the teacher. Medical Teacher. 22(4), 334-347.

Kember, D. (1997). A reconceptualisation of the research into university academics conceptions of teaching. Learning and Instruction. 7(3), 255-275.

Lea, S. J., Stephenson, D., & Troy, J. (2003). Higher Education Students’ Attitudes to Student Centred Learning: Beyond ‘educational bulimia’. Studies in Higher Education. 28(3), 321-334.

O’Sullivan, M. (2003). The reconceptualisation of learner-centred approaches: A Nambian case study. International Journal of Educational Development. In Press.

Rich, E. (2010). How do you define 21st-century learning? Online Article. https://www.edweek.org/tsb/articles/2010/10/12/01panel.h04.html

Rogers, C. R. (1983). As a teacher, can I be myself? In Freedom to Learn for the 80’s. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.

Rogoff, B. (1999). Cognitive development through social interaction: Vgotsky and Piaget. In P. Murphy (Ed.). Learners, Learning and Assessment. London: Open University Press.

Santyasa, I W. (2012). Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha Press.

Santyasa, I W. (2014). Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santyasa, I W., Sukra Warpala, I W., & Tegeh, I M. (2015). Validasi dan implementasi model-model student centered learning untuk meningkatkan penalaran dan karakter siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(1). 512-527.

Santyasa, I W., Suwindra, I N. P., Sujanem, R., & Suaedana, K. (2000). Pengembangan pembeljaran kooperatif bermodul untuk mahasiswa di LPTK. Laporan Penelitian DCRG. P3M STKIP Singaraja.

Simon, B. (1999). Why no pedagogy in England? In J. Leach and B. Moon (Eds.). Learners and Pedagogy. London: Sage Publications.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco, Calif: Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Wagner, T. (2010). Overcoming the global achievement gap (online). Cambridge, Mass: Harvard University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter