BENTUK TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN KOMISIF DALAM DEBAT CAWAPRES PILPRES 2019 PUTARAN KE-3

NUR AZIZAH ISTIKOMA

Abstract


Tindak tutur eksprsif dan komisif merupakan jenis tindak tutur ilokusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk  tindak tutur ekspresif  dan komisif dalam debat cawapres pilpres 2019 putaran ke-3. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Bentuk tindak tutur ekspresif dan komisif sebagai objeknya dan debat cawapres pilpres 2019 putaran ke-3 sebagai subjeknya. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Untuk analisis data menggunakan metode padan dengan teknik dasar PUP dan teknik lanjutan HBS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk tindak tutur ekspresif meliputi bentuk tindak tutur berterima kasih, memberi selamat, meminta maaf, menyalahkan, memuji dan berbelasungkawa. Sedangkan bentuk tindak tutur komisif meliputi tindak tutur bersumpah, berjanji, berkaul, dan menawarkan.


Keywords


tindak tutur, ekspresif, komisif, debat.

Full Text:

PDF

References


Buono, Shinta Mahadewi. “Tindak Tutur Ekspresif Dalam Serial “Adit Sopo Jarwo” Sebagai Bahan Ajar Alternatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Surakarta: Skripsi: UMS.

Leech, Geogfrrey. 2015. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Oktari, Meyse Fevi. 2019. “Tindak Tutur Direktif dan Komisif dalam Debat Capres Pertama 2019 dan Kaitannya dengan Pembelajaran Debat di SMA Kelas X”. Yogyakarta: Skripsi UAD.

Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik (Sebuah Pengantar). Bandung: Angkasa.

Rahardi, Kunjana. 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 2018. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.