Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing “Sahabatku Indonesia” Tingkat B2

Ridha Ahsani, Yumna Rasyid, Liliana Muliastuti

Abstract


Masih terbatasnya kajian mengenai standardisasi buku teks Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks BIPA Sahabatku Indonesia tingkat B2 terbitan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegrafikaan serta keterbacaan wacana buku teks BIPA Sahabatku Indonesia tingkat B2 melaui pengukuran grafik Fry. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi terhadap keseluruhan isi buku teks BIPA Sahabatku Indonesia yang diterbitkan Kemendikbud tahun 2016. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan isi buku teks, yakni wacana-wacana yang digunakan sebagai bahan ajar siswa penutur asing dengan kriteria penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan formula keterbacaan grafik Fry, terdapat sepuluh wacana pada buku teks tingkat B2. Data dianalisis dengan teknik pengukuran melalui formula grafik Fry yang dikenalkan oleh Edward Fry serta keseluruhan isi buku berdasarkan indikator BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria penilaian BSNP serta pengukuran keterbacaan melalui grafik Fry, buku Sahabtku Indonesia tingkat B2 sebagai representasi buku teks BIPA yang ada, menunjukkan kriteria kurang ideal untuk siswa penutur asing tingkat B2. Hasil perhitungan keterbacaan buku teks tingkat B2 memiliki skor rerata pada jumlah kalimat per-100 kata 7,8 dan jumlah suku kata per-100 kata 137, 4, sehingga rerata titik pertemuan jatuh pada 7,8 (panjang kalimat) : 137, 4 (jumlah kata) yang dapat diartikan tingkat kelas pembaca jatuh pada kelas 6 dengan kriteria keterbacaan mudah.


Keywords


Buku Teks; BIPA, BSNP; Keterbacaan; Grafik Fry.

Full Text:

PDF

References


Cunningsworth, A. (1995). Choosing Your Coursebook. Oxford: Macmillan Heinemann.

Jazeri, M., & Maulida, S. Z. (2018). Hambatan dan Harapan Pemartabatan Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2493

Kemendikbud. (2019a). 579 Peserta Program Darmasiswa Ikuti Lokakarya Pengenalan Budaya Indonesia. Retrieved February 10, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/09/579-peserta-program-darmasiswa-ikuti-lokakarya-pengenalan-budaya-indonesia

Kemendikbud. (2019b). Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Pemerintah Terus Kirim Tenaga Pengajar BIPA ke Luar Negeri. Retrieved February 10, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/upaya-internasionalisasi-bahasa-indonesia-pemerintah-terus-kirim-tenaga-pengajar-bipa-ke-luar-neger

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI No. 57, Pub. L. No. 57 (2014). Indonesia: Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=76

Permendikbud RI No. 27, Pub. L. No. 27 (2017). Indonesia: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=96

Saputro, E. P., & Arikunto, S. (2018). Keefektifan Manajemen Program Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–138. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8066

Sitepu, B. P. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suladi, Astuti, W. D., & Biskoyo, K. (2000). Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suyitno, I. (2017). Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: Refika Aditama.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang RI No. 24, Pub. L. No. 24 (2009). Indonesia: Undang-Undang Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=75

Muslich, M. (2016). Text Book Writing: Dasar- Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nafi’, A. A. (2016). Bahasa Indonesia Bahasa Resmi ASEAN. Retrieved February 10, 2021, from http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/23/bahasa-indonesia-bahasa-103 resmi-asean

Cunningsworth, A. (1995). Choosing Your Coursebook. Oxford: Macmillan Heinemann.

Jazeri, M., & Maulida, S. Z. (2018). Hambatan dan Harapan Pemartabatan Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2493

Kemendikbud. (2019a). 579 Peserta Program Darmasiswa Ikuti Lokakarya Pengenalan Budaya Indonesia. Retrieved February 10, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/09/579-peserta-program-darmasiswa-ikuti-lokakarya-pengenalan-budaya-indonesia

Kemendikbud. (2019b). Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Pemerintah Terus Kirim Tenaga Pengajar BIPA ke Luar Negeri. Retrieved February 10, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/upaya-internasionalisasi-bahasa-indonesia-pemerintah-terus-kirim-tenaga-pengajar-bipa-ke-luar-neger

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI No. 57, Pub. L. No. 57 (2014). Indonesia: Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=76

Permendikbud RI No. 27, Pub. L. No. 27 (2017). Indonesia: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=96

Saputro, E. P., & Arikunto, S. (2018). Keefektifan Manajemen Program Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–138. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8066

Sitepu, B. P. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suladi, Astuti, W. D., & Biskoyo, K. (2000). Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suyitno, I. (2017). Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: Refika Aditama.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang RI No. 24, Pub. L. No. 24 (2009). Indonesia: Undang-Undang Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=75

Muslich, M. (2016). Text Book Writing: Dasar- Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nafi’, A. A. (2016). Bahasa Indonesia Bahasa Resmi ASEAN. Retrieved February 10, 2021, from http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/23/bahasa-indonesia-bahasa-103 resmi-asean

Cunningsworth, A. (1995). Choosing Your Coursebook. Oxford: Macmillan Heinemann.

Jazeri, M., & Maulida, S. Z. (2018). Hambatan dan Harapan Pemartabatan Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2493

Kemendikbud. (2019a). 579 Peserta Program Darmasiswa Ikuti Lokakarya Pengenalan Budaya Indonesia. Retrieved February 10, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/09/579-peserta-program-darmasiswa-ikuti-lokakarya-pengenalan-budaya-indonesia

Kemendikbud. (2019b). Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Pemerintah Terus Kirim Tenaga Pengajar BIPA ke Luar Negeri. Retrieved February 10, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/upaya-internasionalisasi-bahasa-indonesia-pemerintah-terus-kirim-tenaga-pengajar-bipa-ke-luar-neger

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI No. 57, Pub. L. No. 57 (2014). Indonesia: Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=76

Permendikbud RI No. 27, Pub. L. No. 27 (2017). Indonesia: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=96

Saputro, E. P., & Arikunto, S. (2018). Keefektifan Manajemen Program Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–138. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8066

Sitepu, B. P. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suladi, Astuti, W. D., & Biskoyo, K. (2000). Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suyitno, I. (2017). Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: Refika Aditama.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang RI No. 24, Pub. L. No. 24 (2009). Indonesia: Undang-Undang Republik Indonesia. Retrieved from https://bipa.kemdikbud.go.id/form_unduh.php?id=75

Muslich, M. (2016). Text Book Writing: Dasar- Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nafi’, A. A. (2016). Bahasa Indonesia Bahasa Resmi ASEAN. Retrieved February 10, 2021, from http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/23/bahasa-indonesia-bahasa-103 resmi-asean


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.