Strategi penerapan model pembelajaran guru penggerak merdeka belajar dalam memotivasi siswa menjadi AKBIF (aktif, kreatif, berpikir kritis & kolaboratif)

Ariyana Ariyana, Nori Anggraini, Lusi Apriliani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan mengenai strategi penerapan model pembelajaran yang dapat digunakan atau menjadi acuan guru penggerak dalam kurikulum merdeka belajar sehingga dapat memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif, berpikir kritis & kolaboratif (AKBIF).  Metodelogi  penelitian  yang digunakan   adalah kajian pustaka dengan   pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan literature dengan cara membaca,   mencatat,  mengolah, menganalisis dan memparaprase berbagai konsep yang bersumber dari buku, artikel, pemikiran para ahli sebagai dasar penelitian ini . Hasil penelitian menunjukkan ada dua model pembelajaran yang dapat dijadikan acuan oleh guru penggerak dalam pembelajaran diantaranya yaitu 1) Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Information, Comunication, And Technology (ICT) dan 2) Model Pembelajaran Bleanded Learning berbasis Flipped Classroom. Kemudian upaya yang  dapat dilakukan guru penggerak untuk memotivasi siswa menjadi AKBIF yaitu: (1) mampu memberikan reward atau apresiasi kepada siswa guna menjadikan siswa aktif, (2) mampu menumbuhkan partisipasi siswa guna menjadikan siswa kreatif, (3) mampu menyajikan mindset/pola pikir siswa guna menjadikan siswa berpikir kritis, (4) mampu menumbuhkan kesadaran interaksi sosial guna menjadikan siswa yang berkolaboratif.


Keywords


Strategi, Guru penggerak, Merdeka belajar, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Fairuz, F. (2021, December 12). Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik. https://doi.org/10.31219/osf.io/mbz3r

Agung, Iskandar,dkk. 2020. Strategi Pengimbasan Pembelajaran Kreatif Guru Penggerak. Risalah Kebijakan Kemdikbud. http:// puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id.

Riandari, Hendry.2022. Mentoring Pengimbasan Pendidikan Guru Penggerak di Sekolah Binaan Tahun 2022. Jurnal Edukasi Indonesia - Volume 3, Nomor 7, Oktober 2022

Tangahu, Werty. 2021. Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Guru Sebagai Penggerak. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Azmir, Safinah. 2020. Diajukan Sebagai Tugas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Sesuai Peraturan Menpan Rb No: 16 Tahun 2009. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian. PISSN: 2746-7538 Volume 1, Issue 1, November 2020

Sibagariang, Dahlia and Sihotang, Hotmaulina and Murniarti, Erni (2021) Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14

(2). pp. 88-99. ISSN 2620 3952

Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta:Bumi Aksara

Riowati, R., & Yoenanto, N. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and

Instruction), 5(1), 1-16. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393

Dewi, Ning Indra Kusuma (2015) Strategi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Donomulyo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Winarni, Endang Widi. 2016. Pengaruh Pelaksanaan Program Pengurangan Risikobencana Terintegrasi Menggunakan Model Problembased Learning Berbasis Ict Bagi Siswa Kelas Iv

Sdit Iqra’ 1 Di Kota Bengkulu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran),Volume 2, Nomor 2,

November 2016P-ISSN 2443-1591 E-ISSN 2460-0873

Herwati, dkk. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar Pada Perkuliahan Bimbingan dan Konseling Keluarga di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu. Educational Guidance and Counseling Development Jounal p-ISSN:2615-3661|e-ISSN: 2615-8358 Vol. 3, No. 2, Oktober 2020, 4048.

Wicaksono, Vicky Dwi. 2017. Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa. http://hdl.handle.net/11617/9144.

Hastuti, Wiwik Dwi. 2020. Membangun Motivasi Dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom Di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/367/328

Kirana, Zuyyina Candra. 2020. Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. SALIMIYA: JurnalStudiIlmuKeagamaan IslamVolume 1, Nomor3, September2020e-ISSN: 2721-7078

Algiranto. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika Berbasis Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X. Jurnal

Perspektif Pendidikan ISSN (Online) 2654-5004 https://doi.org/10.31540/jpp.v15i1.1038

Mardiyah, Heqal (2018) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dengan Strategi Student Team Heroic Leadership Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/201. Undergraduate Thesis, Unimed.

Hermawati, Hermawati (2021) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.