Citra perempuan dalam novel Aib dan Nasib karya Minanto

Aditya Setiawan, Muharsyam Dwi Anantama

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan gambaran citra perempuan yang terdapat dalam novel Aib dan Nasib karya Minanto dengan kajian feminisme. Kajian feminisme yang digunakan dalam penelitian difungsikan untuk mengidentifikasikan gambaran citra perempuan yang ada pada tokoh-tokoh perempuan dalam novel Aib dan Nasib karya Minanto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Aib dan Nasib karya Minanto. Data penelitian ini berupa kata-kata dalam novel Aib dan Nasib karya Minanto yang mengandung anasir citra perempuan Data yang telah diambil dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran citra perempuan yang muncul meliputi: (1) citra perempuan berdasarkan fisik, (2) citra perempuan berdasarkan psikologi, (3) citra perempuan berdasarkan keluarga, dan (4) citra perempuan berdasarkan masyarakat.

Keywords


Feminisme, citra perempuan, perempuan, karya sastra, novel

Full Text:

PDF

References


Panjaitan, A. A., & Purba, C. S. (2020). Tantangan Yang Dihadapi Perempuan Di Indonesia:

Meretas Ketidakadilan Gender. Jurnal Hukum Media Bhakti, 2(1), 70–95.

Majid, H. Citra perempuan dalam novel pudarnya pesona cleopatra karya Habiburrahman El

Shirazy: Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (Senasbasa); 2019 Nov;

Anwar, M., Razi Amir, F., & Yuniarti, Z. (2020). Interpreting Impoliteness in Indonesian

Language: the Case of Short Story “Sore.” Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 240–

Sugihastuti dan Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminis, Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Maghfiroh, D. L., & Zawawi, M. (2021). Konflik Sosial dalam Novel Aib dan Nasib Karya

Minanto Berdasarkan Perspektif George Simmel. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra,

Dan Pengajarannya, 7(1), 173–197.

Rahima, Wa. (2019). Citra Perempuan dalam Novel Perempuan Batih Karya A. R. Rizal. Jurnal

BASTRA. 4(3), 463-479.

Martha, Nia Ulfa. (2010). Citra Istri dalam Kumpulan Novel Dunia Tanpa Warna Karya Mira

W (Sebuah Kajian Sastra Feminis): FKIP Unikal. Journal Muwazah, 2 (2), 225-234.

Nirmala, Ryandhita Lingga. 2016. “Pencitraan Tokoh Perempuan dalam 20 Cerpen Indonesia

Terbaik 2009”. Skripsi. Universitas Jember: Jember.

Sugihastuti. (2009). Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Culler, J. (2000). Literary Theory : A Very Short Introduction. Oxford University Press.

Riskayani, L., Suwastini, N. K. A., & Wahyuni, L. G. E. (2021). Gender Issues in Mary Norton’s

Novel Entitled “The Borrowers”: A Literature Review. SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan

Sastra, 13(2), 1-10.

Ratnawati, I. I. (2018). Eksistensi Perempuan Dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan

Karya Ihsan Abdul Quddus: Tinjauan Kritik Sastra Feminis. Jurnal Bahasa, Sastra dan

Pembelajarannya, 3(2), 236-243.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Milles, Matthew B. & Hubberman, Michael A. (2014). Qualitative Data Analysis A Method

Sourcebook Third Edition. California: Sage Publications.

Wonga. Djuwariyah. 2016. Citra Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Cerita Rakyat Flores

Timur Lamaholot. Journal.student.uny.ac.id.

Minanto. (2020). Aib dan Nasib. Tangerang Selatan: Marjin Kiri.

Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Riadi, Muchlisin. 2012. Definisi, Fungsi, dan Bentuk Keluarga. https://kajian

pustaka.com/2012/11. Diakses Mingg, 5 Agustus 2015 pukul 22.28 WIB.

Rohmat. 2010. Keluarga dan Pola Pengasuhan Anak. Jurnal Studi Gender dan Anak. 5 (1). 3546.

Fauziah Lestari, H., Yuniningsih, T., & Nisa, H. N. A. (2022). Women's Role: Between

Opportunities And Challenges in Business in The Era of The Industrial Revolution 4.0. JKMP

(Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 10(1), 16-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.