Inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka belajar profil pelajar Pancasila

Rahmatika Maulida, Ziadatu Zzulfa, Iqbal Hasyim

Abstract


Kurikulum merdeka belajar yang saat ini sedang giat untuk dicanangkan mendapat pro dan kontra dari beberapa pihak karena berdampak pada tranformasi dari kurikulum sebelumnya ke kurikulum merdeka belajar. Mata pelajaran bahasa Indonesia harus mampu melakukan inovasi agar transformasi implementasi kurikulum dapat berjalan dengan baik serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Sehingga tujuan dari penyusunan artikel ini yaitu memberikan berbagai macam gambaran inovasi yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Dimana sebelumnya pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka belajar yang masih terkesan belum tertata dengan sistematis. Metode yang kami pakai dalam penyusunan penelitian ini yaitu kajian literatur dari berbagai macam sumber relevan dan terbaru sehingga memunculkan ide-ide terseleksi yang dapat diimpelentasikan dalam upaya mendorong pengimplentasian kurikulum merdeka belajar pada pelajaran bahasa Indonesia yang inovatif dan kreatif. Hasil yang kami peroleh dari kajian litetatur ini yaitu beberapa inovasi berhasil kami temukan salah satunya inovasi pembelajaran dengan mengintegrasikan dengan teknologi digital untuk menyongsong perkembangan teknologi di negara Indonesia yang masih berkembang saat ini.


Keywords


Kurikulum Merdeka Belajar Implementasi Inovasi Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


(1) Suryaman, M. (2020, October). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar

Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (Vol.1, No. 1, pp. 13-28).

(2) Ramdani, I. S. (2020). Distrupsi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Merdeka Belajar di Era

Kenormalan Baru, Jurnal Sasindo, UNPAM, 8(2), 17-28.

(3) Izza, A. Z., falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam

mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-15.

(4) Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi

Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

(5) Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal

Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34).

(6) Riana, R. Sugiarti, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Konsep Merdeka

Belajar-Kampus Merdeka

(7) Suwija, I. N. (2022, July). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka

Belajar. In Sandisaba: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp 119135.

(8)

Haryanto, M. 2020. Menelaah Pembelajaran Sastra yang (Kembali) Belajar Merdeka di Era Merdeka

Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan universitas Pekalongan.

(9) Riana, R. Sugiarti, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Konsep Merdeka

Belajar-Kampus Merdeka

(10) Suwija, I. N. (2022, July). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka

Belajar. In Sandisaba: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp 119135.

(11)

Muflihin, A. (2021). Implementasi dan problemaatika Merdeka Belajar.

(12) Yasrama, I. K. Urgensi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia pada Abad Ke-21.

(13) Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0 Santhet: (Jurnal Sejarah,

Pendidikan, Dan Humaniora) 5(1), 66-78.

(14) Mulyasa, H. e. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

(15) Widyaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia di era revolusi industry 4.0.

Uwais Inspirasi Indonesia.

(16) Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya

Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

(17) Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 6(3), 3613-3625.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.