Penerapan teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Pungki Safitri, Denik Wirawati

Abstract


Pembelajaran  sejak adanya pandemi mengalami pergesaran peran yang berbeda, di mana pendidik dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan platform media digital. Salah satu sekolah yang sangat antusias dalam mengikuti perkembangan tatanan teknologi saat pembelajaran yaitu SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui bagaimana penerapan teknologi digital dalam pembelajaran dan mengetahi bagaimana hasil pembelajaran dalam menerapkan teknologi digital pada materi Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.  Kemudian untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ada observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknik analisis data yang digunakan pada penelitia ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aplikasi andalan yang digunakan saat pembelajaran. Sebelum masuk kelas, siswa disambutdengan lantunan bacaan Al Quran, kemudian sebelum pembelajaran dimulai dengan tadarus bersama. Siswa yang tidak membawa Al Quran bisa membuka aplikai pada gawai masing-masing. Selanjutnya saat pembelajaran, materi diakses dengan menggunakan KlassMu ataupun aplikasi berbasisandroid. Adannya penerapan aplikasi ini membuat hasil khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat bagus. Haisil tersebut bisa dilihat dan diukur dari hasil nilai siswa, yaitu nilai tugas paling rendah 75 dan paling tinggi 80, latihan soal paling rendah 75 dan paling tinggi 85, dan ulangan harian paling rendah 75 dan paling tinggi 85. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa adannya penerapan teknologi digital membawa pengaruh yang bagus pada hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesa.


Keywords


Penerapan, Teknologi Digital, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Hidayat, W. Peranan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9 Di MTs NU Krui Pesisir Barat. Journal of Chemical Information and Modeling. 2020; 21(1), 1–9.

Sukmadinata, N. S. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2013.

Huda, M. Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Situmorang, R. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2013.

Manik, D., Marietta, D., Sitohang, M., & Siregar, R. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021. 2021; 181–190.

Warsita, B. Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal KWANGSAN. 2013; 1(2), 72–94.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Akbar, Atmazaki, & Basri, I. Implementasi Pembelajaran Berbasis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. 2018; 7(1), 13.

Agustina, E. S. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra. 2017; 18(1), 84–99.

Ulfah Hamidatus Shofiah. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING. SKRIPSI Institut Agama Islam Negeri Metro.2020; 7, 4

Putra, G. (PTK di kelas VII SMP Islam Nurul Hikmah Kecamatan legok Kabupaten Tangerang) Skripsi. SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Syarif. 2017; 9

Hanna. Pembelajaran Bahasa Indonesia Mau Dibawa Ke mana? BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. 2014; 13(1), 50–71.

Melo, A. C. M. Peningkatan kemampuan berbicara melalui. Journal of Chemical Information and Modeling. 2013; 53(9).

Cahyani, I. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Depag RI; 2013.

Mahsun. Teks Pembeljaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad; 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta; 2018.


Refbacks



Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.