Kajian ekologi sastra film kartun Doraemon dan Nobita di Planet Hewan dan Nobita dan Legenda Raksasa Hijau serta relevansi pembelajarannya di SMA kelas XI dengan strategi induktif model TABA

Nurul Setyorini, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: masalah ekologi  dan  penanganan terhadap masalah ekologi dalam Film Doraemon dan Nobita di Planet Hewan, masalah ekologi dan  penanganan terhadap masalah ekologi dalam Film Nobita dan Legenda Raksasa Hijau, dan relevansi pembelajaranya di SMA kelas xi dengan strategi induktif Model Taba. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah ekokritisme.  Teknik pengumpulan datanya adalah teknik baca dan catat, sedangkan teknik analisis datanya adalah teknik analisis isi. Selanjutnya, teknik penyajian data menggunakan teknik informal. Hasil pembahasan ini syarat dengan nilai-nilai edukatif yang layak diajarkan dalam pembelajaran sastra di SMA. Oleh karena itu, hasil pembelajaran ini dapatdi relevansikan dalam pemebelajaran sastra di SMA kelas XII dengan strategi induktif model TAB

Keywords


Ekologi, Doraemon, Taba

Full Text:

PDF

References


(1) Endaswara, Suwardi. 2016. “Ideologi, Cinta, Andragogi, dan Ekologi Sastra”. Disampaikan

dalam Seminar Nasional KABASTRA, Sabtu 27 Agustus 2016.

(2) Fachrudin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: Andi Offset.

(3) Endaswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

(4) Wiyanto, Asrul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.

(5) Wicaksono, Andri. 2015. Menulis Kratif Sastra dan Beberapa Model Pembelajaranya.

Yogyakarta: Garuda Wacana.

(6) Trianto, Teguh. 2013. Film sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

(7) Rusdina, A. 2015. “Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan

Lingkungan yang Bertanggung Jawab”. Jurnal UIN SGD , ix (2), 244-263.

(8) Nai, Firmina Anggela. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran Implementasinya dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dam SMK. Yogyakarta: Depublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.