Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi resensi melalui model pembelajaran project based learning siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Kalibawang

Tentrem Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis resensi masih kurang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis resensi adalah dengan  menggunakan model pembelajaran project based learning. Model pembelajaran project based learning merupakan model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik aktif dalam menemukan konsep pembelajaran, melibatkan siswa dalam pemecahan masalah serta meningkatkan motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis resensi dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI.MIPA1 SMA Negeri 1 Kalibawang dalam 2 siklus. Sampel  penelitian sebanyak 34 siswa. Data diperoleh melalui tes menulis resensi. Adapun objek penelitian ini adalah kemampuan menulis resensi. Pengumpulan data menggunakan pedoman lembar penilaian, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan hasil analisis skor dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, kemampuan  menulis resensi siswa meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa, antusiasme, dan rasa percaya diri siswa saat pembelajaran. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan hasil belajar resensi dari siklus I hingga siklus II. Ketuntasan belajar materi resensi pada siklus I adalah 70,6 %, pada siklus II meningkat menjadi 82,4%. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis resensi dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis resensi pada siklus I  63%, pada siklus II meningkat menjadi 87%.

Keywords


model pembelajaran project based learning;kemampuan menulis; resensi

Full Text:

PDF

References


Tarigan, Henry Guntur. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa; 1986.

Musfiroh, Tadkiroatun. Psikolinguistik Edukasional. Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana; 2017.

Akhadiah, Sabarti, dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga; 1999.

Sutirman. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2013.

Daryanto dan Rahardjo, M. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media; 2012.

Abidin, Yunus. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Aditama.; 2012.

Pardiyono. Pasti Bisa Teaching Genre Based Writing. Yogyakarta: Andi

Offset; 2007.

Samad, Daniel. Dasar-dasar Meresensi Buku. Jakarta: Grasindo; 1997.

Supriyanti, S. Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi Menggunakan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pembelajaran 2016 -2017 . Universitas Mataram. Jurnal Disastra Volume 2, Nomor 1, Januari 2020 ISSN 2655-3031 (P) , 2655-7851 (O) Available from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1998/2233

Wray, M. W. A. Critical Reading and Writing for Postgraduates (2nd ed.). London: SAGE Publications Ltd. Jurnal Disastra Volume 2, Nomor 1, Januari 2020 ISSN 2655-3031 (P) , 2655-7851 (O) Available from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1998/2233

Ibda, H amidulloh . Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara. Jurnal Disastra Volume 2, Nomor 1, Januari 2020 ISSN 2655-3031 (P) , 2655-7851 (O) Available from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1998/2233


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.