Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Sejarah Berbasis Media Film Dokumenter

Retna Rahayu Widawati

Abstract


Penyusunan makalah berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Sejarah Berbasis Media Film Dokumenter bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil peningkatan kompetensi keterampilan siswa dalam menulis teks cerita sejarah. Subjek pengamatan adalah peserta didik kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 34 orang dengan rincian siswa laki-laki 15 dan perempuan 19. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Pada pembelajaran awal sebelum tindakan dilaksanakan, guru menerapkan pembelajaran dengan berpedoman pada buku pedoman guru Bahasa Indonesia. Perolehan hasil penilaian pra tindakan kompetensi menulis teks cerita sejarah ditemukan data sebanyak 13 siswa atau 38% dari jumlah 34 siswa belum berhasil mendapatkan nilai di atas Ketuntasan Minimum Kriteria (KKM). Rerata nilai kompetensi keterampilan menulis teks cerita sejarah 77. Pasca pelaksanaan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media film dokumenter, nilai keterampilan menulis teks cerita sejarah mengalami peningkatan, seluruh peserta didik berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas menjadi 88.


Full Text:

PDF

References


Dian, Nurmala. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SD N Wonosari I Turi Sleman. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY. H.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Amalia, A., & Doyin, M. 2015. Pengembangan Buku Panduan Menyusun Teks Cerpen dengan Menggunakan Teknik Urai Unsur Intrinsik Bagi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1- 6.

Muttaqin, Z dan Khalisatun. 2019. Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Cerita Sejarah dengan Metode Tema Games Tournamen (TGT) Siswa Kelas XII IPS 3 SMAN 3 Selong. Jurnal SeBaSa. 2(2) 2621-085. Journal hamzawadi ac.id.

Adri, Aisyah. (2018) Anak Indonesia Mengulik Tantangan Nasionalisme Era Milenial. https://www.goodnewsfromindonesia.id.

Kemendikbud (2018). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa.

Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Yafi, Ali dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Model STAD Berbantuan Media Gambar Seri pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan. 2(11). http://journalum.ac.id/index.php/jptpp

Mulyana, Yulianai (2020) Penggunaan Media Filem Dokumenter untuk Meningkathgate.netkan Kemampuan Berfikir Analisis Siswa dalam Pembelajaran IPS (PTK di kelas VII SMP Negeri 9 Bandung). https://www.researchgate.net.

Rikarno, R. (2015). Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa. Ekspresi Seni, 17(1), 129–149. Https://Doi.Org/10.26887/Ekse.V17i1.71

Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436– 446.

Yulianti, dkk. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Garut Menggunakan Model Discovery Learning Melalui Media Film. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP). 3(1). http://journal.uhamka.ac.id

Sundayani, Dewi. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Sejarah Menggunakan Strategi Genius Learning Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XII MIPA 1 SMAN 8 Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa Sekolah Pascasarjana. 8 (2) http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/2866

Walandari, Innayah. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda. 4(1). https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1754

Rakhmawan,dedi, Julianto, (2014). Penerapan model kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil pada sekolah dasar. Vol. 02, no.03.. Hal 3-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.