Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Hafiz Attha Muhanna, Indah Purwanda, Fahrul Rahmad Koni

Abstract


Penganalisaan terhadap tercapainya pengelolaan kelas di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan tentunya dapat di analisis. Penganalisaan tersebut sebagai peneliti menggunakan metode field research untuk mendapatkan data yang diharapkan, tentunya menggunakan teknik wawancara, observasi, bahkan dokumentasi.

Data hasil penelitian tentunya di reduksi lagi, sebagai langkah konkrit keterkaitan antara field research dan yang ditemukan dilapangan. Dari hasil yang didapatkan bahwasannya pengelolaan kelas di SMP Muhamadiyah 2 Prambanan dapat dinyatakan bahwa ruang lingkup yaitu tata kelola fasilitas dan pengaturan siswa yang memiliki kecenderungan kearah berkebutuhan khusus.

Pengaturan fasilitas di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan ini sudah tertata, dapat diketahui juga melalui pemanfaatan keaadan yang telah di siapkan, seperti pemberian alat bantu terhadap siswanya agar tercapainya tujuan dari pembelajaran.

Akan tetapi pengelolaan siswanya sendiri lebih memperioritaskan terhadap terbentuknya karakteristik peserta didik melalui keterlibatan siswa di bidang ekstrakulrikuler, penugasan, dan pembimbingan, serta perekapan nilai di akhir.


Keywords


pengelolaan kelas; abk; behavioral;

Full Text:

PDF

References


Susanto, A. T., & Muhyadi, M. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 151. https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.8029


Refbacks

  • There are currently no refbacks.