Implementasi Karakter Gotong Royong melalui Budaya Sekolah pada Siswa di SD Muhammadiyah Semingin

Dinda Febria Berliana, Lisa Retnasari, Gatra Pamungkas, Septi Satiti Mahanani

Abstract


Karakter gotong royong merupakan karakter yang bersumber dari nilai luhur bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter gotong royong melalui budaya sekolah pada siswa di SD Muhammadiyah Semingin. Permasalahan dikaji dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, klasifikasi data, display data, dan penyimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah di SD Muhammadiyah Semingin dilaksanakan secara sistematis dalam upaya menamakan karakter gotong royong bagi siswa. Adapun budaya sekolah seperti gotong royong mingguan, piket kelas, kerja kelompok dan ekstrakulikuler sebagai wahana mengasah karakter gotong royong pada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701.

Anas, S., & Irwanto, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ehwanudin, & Mispani. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Peduli Sosial Masyarakat. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(2).

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Kemendikbud, T. P. 2017. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konsep dan Penguatan Pendidikan Karakter , 3.

Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Khotimah, N. D. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmian Kependidikan , 30.

Kurniawan, S. (2014). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong‎. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 127-138.

Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94-100.

Muchlas Samani, Ms Hariyanto. (2011). Konsep Dan Modal Pendidika Karakter.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131-149.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 38-49.

Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2021). Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 45-57.

Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1).

Rachmawati, W., Benty, D. D. N., & Sumarsono, R. B. (2018). Budaya Sekolah Berbasis Ketarunaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 410-418.

Rahmad, R. (2021). Nilai Karakter Cinta Tanah Air Dan Gotong Royong Pada Kearifan Lokal Manugal Sebagai Sumber Belajar Ips Di Sekolah Dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 220-227.

Restanti, D. K. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong dalam Kelas Multi Usia di SLB Negeri 1 Gunungkidul. DIDAXEI, 1(2).

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507.

Sumanti, M. S. & Yatimah. D. (2021). Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2022). Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363.

Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 365. Https://Doi.Org/10.30738/Keluarga.V5i2.3842.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.