Implementasi Karakter Gotong Royong melalui Budaya Sekolah pada Siswa di SD Muhammadiyah Semingin
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701.
Anas, S., & Irwanto, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ehwanudin, & Mispani. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Peduli Sosial Masyarakat. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(2).
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248
Kemendikbud, T. P. 2017. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konsep dan Penguatan Pendidikan Karakter , 3.
Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Khotimah, N. D. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmian Kependidikan , 30.
Kurniawan, S. (2014). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 127-138.
Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94-100.
Muchlas Samani, Ms Hariyanto. (2011). Konsep Dan Modal Pendidika Karakter.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131-149.
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 38-49.
Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2021). Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 45-57.
Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1).
Rachmawati, W., Benty, D. D. N., & Sumarsono, R. B. (2018). Budaya Sekolah Berbasis Ketarunaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 410-418.
Rahmad, R. (2021). Nilai Karakter Cinta Tanah Air Dan Gotong Royong Pada Kearifan Lokal Manugal Sebagai Sumber Belajar Ips Di Sekolah Dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 220-227.
Restanti, D. K. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong dalam Kelas Multi Usia di SLB Negeri 1 Gunungkidul. DIDAXEI, 1(2).
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507.
Sumanti, M. S. & Yatimah. D. (2021). Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2022). Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363.
Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 365. Https://Doi.Org/10.30738/Keluarga.V5i2.3842.
Refbacks
- There are currently no refbacks.