Pembiasaan Kegiatan 5S Dalam Peningkatan Karakter Sosial Peserta Didik di SD Muhammadiyah Sleman

FRISKA ANGGUN MEGITA, ANGGI ASTRIA LESTARI, MUHAMMAD HAZRIL, KIRANA PRAMA DEWI

Abstract


Peningkatan karakter peserta didik di Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan pembiasaan kegiatan 5S (Salalm, Senyulm, Sapla, Solpan, Salntun). Tujuan adanya penelitian ini guna agar dapat mengetahui cara meningkatkan karakter social dan menanamkan pembiasaan kegiatan 5S (Salalm, Senyulm, Sapla, Solpan, Salntun) bagi peserta didik di SD Muhammadiyah Sleman. lPenelitian inil mengglunakan metlode studi lliteratur. lMetode studli lliteratur ylang dilakukaln lyaitu delngan melnganalisis sulatu permlasalahan yalng ditlemukan dlengan solusil berdasarklan pustaka altau literasil lainnlya yalng berlkaitan denlgan peraln l5S (Slalam, Senyulm, Sapa,l Sopaln, daln Santun). Progrlam l5S (Salaml, Senyulm, lSapa, Solpan, ldan lSantun) inli melnjadi slalah slatu solusli ldari kamli untulk mengatalsi permalsalahan mengenlai lrendahnya pendidikaln karaktler ldan siklap solcial siswal di lSD lMuhammadiyah lSleman. Denlgan adanyla prlogram l5S l(Salam, Senyum,l Sapal, Solpan, danl Santun)l ilni dlapat dilsimpulkan bahwal klegiatan berlalngsung denganl efelktif dlan tepalt saslaran, apabilla selurluh wargal lsekolah salingl memilikil slikap pelduli lakan pendidikanl karlakter.

Full Text:

PDF

References


Anlanda, Y. R., & Halndayani, E. T. (2018, Octlober). Pembiaslaan budlaya karaktler 5S (Seiril, Seitlon, Seliso, Sleiketsu, Shitsulke) melallui konselling kelomplok teklnik mlodeling ulntuk meninlgkatkan kedisipllinan sislwa. In 1st ASEAN lSlchool Counslelor Conferelnce on Innovatilon and Creatilvity iln Counsleling. Ikatanl Bimbinglan dlan Kolnseling Seklolah.

Anggrainli, F. S. N., Haq, A., & Mustalfida, F. (2019). Implemenltasi Plendidikan Karaklter Mlelalui lBudaya 5S (Senylum, Salpa, Sallam, Solpan, Sanltun). JPMlI: Jurlnal Penldidikan Madlraslah Ibtidaiylah, 1(2), 147-153.

Inalyah, S. F. N. (2020). PENGUlATAN KARAKTlER RAMlAH MELlALUI PEMBIASAAlN SENYUMl, SAlPA, SALlAM, SOPAlN, SANTlUN (5S) PAlDA AlNAK DlI RA MUSLIMlAT NU DIPOlNEGORO 54 DARMAKRADElNAN AJIBARANG BANYUMAS (Doctoral dissertation, IAIN).

Khotimahl, D. N. (2019). Implementlasi progralm l pendidilkan klarakter (PPK) melaluli kelgiatan 5s di sekollah dasalr. INOPENDlAS: Jurlnal Ilmilah Kelpendidikan, 2(1).

Kusumaningrulm, R. A. (2020). Pentinglnya Memplertahankan l Bludaya 5s (Senylum, Sallam, Salpa, Sopaln, Santun) Dlalam Pendidlikan Seklolah Dasalr. EDSUAINlTEK: lJurnal Pendidilkan, lSains Dan Teknololgi, 7(1), 20-28.

Maklsum, K. (2019). Implementalsi Pembentulkan Karaktelr Sliswa Mellalui Progrlam Pelnerapan 5 S (Senlyum, Salpa, Salalm, Soplan, Santlun) di SD Muhammadiyalh Ambarbilnangun Bantul.l LITERAlSI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(2), 90-97.

MARDYANASlARI, M. (2020). Penanalman Slikap Tolelransi Dalaml Berelasli Sislwa Mlelalui Budlaya 5S di MA Muhalmmadiyah 1 Ponorolgo (Dolctoral ldissertlation, IAIN POlNOROGO).

Nlantara, D. (2022). Pemlbentukan Karaktelr lSiswa Mellalui Kegilatan di Sekolahl Perlan Gulru. Jurnall lPendidikan Tambusai, 6(1), 2251-2260.

Nurbaiti,l R., Alwyl, S., & Taullabi, I. (2020). Pembentukaln Klarakter Religilus Siswal Melallui Pembilasaan Aktivlitas Keagalmaan. lEL Bidlayah: Journal of Islamlic lElementary Educatlion, 2(1), 55-66.

Putrli, A. E. (2020). plengaruh penanamaln budalya 5s dan pembiasalan salalt lberjalmaah terhadapl karaktelr religlius siswa lma’arif kllego polnorogo talhun pellajaran l/2019 (lDoctoral dissertatilon, IAIN PONlOROGO).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.