PENERAPAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET

Pemi Ediansyah, Anesti Rohma Wardani, Yusron Masduki

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk dapat menguraikan dalam penerapan model pembelajaran berbasis inquiry pada mata pelajaran yaitu sifat syaja’ah, kejujuran, perilaku taat dan etos kerja. Dalam hal ini metode yang akan di gunakan dalam penelitian kualitatif dan data tersebut dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan terjun langsung dalam mengajar. Data ini dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikannya, dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peserta didik untuk menganalisis video yang nantinya akan dilihat dan disimak sampai akhir video. Nantinya video tersebut akan di tarik kesimpulan dari hikmah atau pelajaran yang bisa akita ambil dari video tersebut. Hasil penelitian ini berimplikasi pada sifat syaja’ah dan perilaku taat dalam pembelajaran pendidikan agama islam.

Keywords


Model Inkuiri, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Atoillah. (2012). Penerapan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Meningkatkan Keaktifak Belajar Siswa. Tarbawi, 1(2), 95–108.

Esquiagola Apaza, B. G. (2016). Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran PAI Materi Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Toleransi Kelas XI MIPA 5 Di SMAN 2 Palangka Raya. In IAIN Palangka Raya.

Hermawati, K. A. (2021). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 56–72.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122.

Muakhirin, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 01, 51–55.

Siti Bariroh. (2019). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Toleransi dan Kerukunan. Dialektika, 9(1), 130–148.

Solichin, M. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris, 12(2), 214–231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.