Strategi dan Metode Pembelajaran Efektif Pasca Pandemi di SD Muhammadiyah Gamplong

Siti Khusnul Fauziyah, Rizqi Anisah, Muhammad Mizfar, Vera Ervinna

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis strategi dan metode yang dapat diimplementasikan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran efektif pada aktivitas luring pasca pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Gamplong. Hal ini diharapkan dengan adanya strategi dan metode yang efektif akan memperoleh hasil dan meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penerapan Strategi dan Metode pembelajaran efektif di SD Muhammadiyah Gamplong yang dilakukan oleh guru sudah terlaksana dengan baik dan tepat sesuai dengan keadaan kondisi pasca pandemi.

Full Text:

PDF

References


Afroh Nailil Hikmah1), I. C. (2020). Blanded Learning : Solusi Model Pembelajaran Pasca. 6(2), 83–94.

Assya’bani, R., & Majdi, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 555. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.903

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097

Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 76-82.

Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2004

Nurbadriyah, N. (2019). Internalisasi Nilai Relevansi Konsep Hablumminannas Dalam Perspektif Islam Rahmatan Lil’alamin Pada Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 2 Bantul (Doctoral Dissertation,Universitas Alma Ata Yogyakarta).

Pradana, R. A. (2020). Penanaman Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82952%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/82952/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Sogianor, & Syahrani. (2022). Model Pembelajaran PAI di Sekolah Sebelum, Saat, dan Sesudah Pandemi. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(1), 113–124.

Widyasari, N. F. (2022). Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), 153–161. https://doi.org/10.53621/jider.v2i4.98


Refbacks

  • There are currently no refbacks.