Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya 5S (Senyum,Salam,Sapa,Sopan,Santun)

Galih Utami Putri, Anita Wulansari, Tri Wahyuningsih

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk perilaku peserta didik yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman seperti saat ini. Kegiatan ini bertujuan untukpenguatkan karakter peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Berbah. Jenis penlitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan angket dengan google form. Objek penelitian yaitu membentuk karakter peserta didik melalui budaya 5S. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Berbah. Analisis data deskripsi kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik telah terbiasa melalukan budaya 5S disekolah.

Full Text:

PDF

References


Rohman, M. A. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Teori, Metodologi, Implementasi) . Qalamuna, Vol. 11 , No, 2, Juli - Desember , 126.

Sudarsyah, A., & Kurniatun, T. C. DEPARTEMEN ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Buchory MS, T. B. (2014). Impelementasi program Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, No 3,.

Ramadan, F. S. (2022). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi.

Yulianto Bambang Setyadi, T. O. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 1 , No.2 , Desember .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.