Melatih Kecakapan Spiritual Kolektif Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMK Muhammadiyah Piyungan Bantul

Harun Sabhara, Indah Ayuningtyas, Ahmad Lutfian Muttaqin, Sri Roviana

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dalam melatih kecakapan spiritual kolektif siswa melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah di SMK Muhammadiyah Piyungan Bantul. Penelitian yang kami gunakan yakni penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuha berjamaah sudah dilakukan dengan baik, hanya saja perlunya peningkatan kesadaran peserta didik dengan adanya pembiasaan tersebut.

Keywords


Sholat Dhuha, Pembiasaan, Peserta Didik, Agama

Full Text:

PDF

References


Adinda Annisa Darmana, Azhar Haq, M. S. (2019). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019, 4(1), 65–71.

Bidadari, A. B. (2022). Ibtidaiyyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 79–92.

Citra Nurul Amalia, Priatna, O. S., & Yono. (2021). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Siswa-Siswi Man 1 Kabupaten Bogor. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 165–172.

Kandiri, K., & Mahmudi, M. (2018). Penerapan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa Di Sekolah. Edupedia, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i1.316

Mhd Iqbal Wardhani. (2020). Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman. Al-Munqidz, 3(3), 396–412.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224


Refbacks

  • There are currently no refbacks.