Penerapan Metode Montessori untuk Meningkatkan Pemahaman Penjumlahan serta pengurangan Kelas I SD BOPKRI Wates 1

Liris Ayu Safitri

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik kelas 1SD tentang penjumlahan serta pengurangan di BOPKRI Wates 1. Studi ini dilaksanakan di SD BOPKRI Wates 1 kecamatan Wates, dengan memakai deskriptif kualitatif. Studi ini dimulai dengan melaksanakan observasi serta wawancara. Subjek dalam studi ini yakni siswa kelas I sejumlah 5 siswa, lalu kemudianberalihkepenerapanpendekatanMontessoriuntukbelajardikelasdenganguru. Hasil dari penanaman konsep bilangan cacah dengan memakai pendekatan montessori ialah peserta didik bisamenggunakanmatematikamenurut nalar daripadamenghitungangkatanpalogika. Dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik lebih senang, antusias, dan lebih bersemangat Ketika melaksanakan pembelajaran.

Keywords


Montessori, penanaman konsep, bilangan, operasi hitung

Full Text:

PDF

References


Aisya, Adynda Rosamanda. W. H. (2021). Fenomena Implementasi Montessori sebagai Media Pembelajaran Kreatif untuk Anak Pra Sekolah. Jurnal Instruksional, 3(2), 97-116.

Anzelina, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SD SWASTA ST. ANTONIUS V MEDAN. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1), 752–761.

Darnis, Syefriani. (2018). Aplikasi Montessori dalam Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana, 1(1), 1-10.

Fitriani Sinaga, A. S. (2021). Pengaruh Metode Montessori Berbasis Media Pembelajaran . Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 479-482.

Izzulhaq, Habib Agung. A. U. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I UPT SPF Minasa UPA Kota Makassar. Nusantara Hasana Journal, 2(3), 293-297.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurbaiti, Ella. I. D. (2020). Implementasi Metode Montessori dalam Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Universal Jurnal of Educational Resarch, 01(02), 67-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.