Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro dan Cara Mengatasinya

Karina Eka Nurfadillah, Cut Elly Fatmala Nur, Raden Muhammad Ali

Abstract


Bahasa merupakan peran terpenting pada setiap kehidupan. Keterampilan berbahasa sebagai bahan dasar setiap orang untuk mengekspresikan diri mulai dari perasaan, harapan, pendapat, serta kebutuhan. Semakin banyak bahasa yang dikuasai seseorang maka semakin mudah baginya dalam berkomunikasi. Belajar bahasa Inggris jauh lebih sulit dari bahasa Indonesia. Selain pemahaman perihal arti asal bahasa itu sendiri peserta didik juga wajib bisa menulis serta mengucapkan kata- kata pada bahasa Inggris sesuai dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar. Kesulitan ini yang mana kadang membentuk minat peserta didik dalam belajar bahasa Inggris berkurang. Survei ini dilakukan untuk memperjelas hambatan dalam belajar bahasa Inggris peserta didik serta meningkatkan minat peserta didik dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini memakai metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data secara berkelompok yaitu dengan menanyakan kendala apa saja yang dialami ketika belajar bahasa Inggris. Adapun hasil dari penelitian ini membuktikan perihal hambatan yang dihadapi peserta didik ketika belajar bahasa Inggris serta mengetahui cara mengatasinya.

Keywords


Kendala Belajar; Bahasa Inggris; Cara Mengatasi

Full Text:

PDF

References


Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Budiasningrum, R. (2017). IDENTIFIKASI KENDALA DALAM PENGUASAAN BAHASA INGGRIS (Analisa Perbedaan Individu Dalam Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Administrasi Perkantoran 258 Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 4(1), 49-78.

Fitria, T. N. (2018). Error analysis found in students’ writing composition of simple future tense. Available at SSRN 3527851.

Hidayati, P. S., & Rosyid, A. (2020). PEMBELAJARAN ENGLISH PRONUNCIATION MELALUI MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL): POTENSI DAN HAMBATAN. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 61-66.

Kustanti, D. (2016). Kesulitan dan solusi pembelajaran english reading text. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 13(01), 85-98.

Sudrajat, H. N., & Herlina, H. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 114-121.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 8(1), 30-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.