Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dengan Menggunakan Strategi Pengawasan atau Kontrol

Destyn Audyawati, Mufied Fauziah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya beberapa masalah di sekolah yang dialami oleh siswa mengenai kedisiplinan sehingga kegiatan di sekolah berjalan kurang maksimal. Keberhasilan proses belajar dapat berjalan sukses apabila diawali dengan kedisiplinan. Disiplin memegang peranan penting dalam membentuk seseorang yang mengikuti aturan dan bertanggung jawab terhadap tugas yang harus dikerjakan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literatur Review (SLR). Data yang dikumpulkan berupa mereview artikel yang berkaitan dengan “meningkatkan kedisiplinan siswa dengan menggunakan strategi pengawasan atau kontrol”. Artikel yang digunakan sebanyak 6 artikel nasional dengan menggunakan Google Scholar dan Zotero. Dari hasil kajian literatur bacaan jurnal maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pengawasan atau kontrol yang dilakukan oleh guru di sekolah.


Keywords


Siswa, kedisiplinan, sekolah

Full Text:

PDF

References


Kurnia, B. (2022). Systematic Literatur Review: Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. 4(1), 9.

Maharani, L., & Mustika, M. (2017). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang Bk Pribadi). KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–72. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.555

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Oleh, D. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WATES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI REINFORCEMENT (PENGUATAN). 10, 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.