Analisis Keaktifan Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Kartu Bermakna Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas II Kurikulum Merdeka SD Muhammadiyah Pandeyan Tahun Ajaran 2022/2023

Dinda Marita Rahma, Tamara Faradiba, Ika Ristiani, Ahmad Revanzha, Dwi Yuliastanto, Panji Hidayat, Sugesty Handayani

Abstract


Pembelajaran PPKn dianggap membosankan karena hanya berdasar verbal saja, maka harus diterapkan suatu media pembelajaran yang disinyalir dapat membangkitkan keaktifan peserta didik sehingga berimbas kepada hasil belajarnya, salah satunya media kartu bermakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa aktif siswa menggunakan media kartu bermakna dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas II. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pandeyan selama 1 bulan, dengan sampel penelitian yakni 16 orang peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Beberapa instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa terdapat pengembangan keaktifan peserta didik pada saat menerapkan media kartu bermakna dalam pembelajaran PKN, dan terdapat efektivitas penggunaan media kartu bermakna dalam proses.

Keywords


Kartu Bermakna, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF PDF

References


Ahmad & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. PINCIS: Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies,Volume 1, Nomor 1.

Arsini, Kadek Ria & Maria Goreti Rini Kristiantari. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Volume5, Nomor 1, pp 173-184.

Dewi, Natalia Aristina. (2023). Penerapan Penggunaan Media C-Card Terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas XIIPS1 Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Malang Tahun Pelajaran 2021- 2022. Jurnal Pendidikan :SEROJA, Vol. 3, No. 1.

Diana, Anastasia Eka San, Rishe Purnama Dewi & Jarot Prakoso. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Babarsari Menggunakan Model Problem Based Learning. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol 2. No 3.

Hanifah, Erma Nur & Taat Wulandari. (2018). Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka.JIPSINDO No. 1, Volume 5.

Hardhita, Rizki Septa. (2022). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Penerapan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume 01,

No. 4, pp. 655-661.

Khaatimah, Husnul & Restu Wibawa. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal TeknologiPendidikan Volume 2 Nomor 2.

Laila, Ade Kharisma Nur, Imroatu Solikha, Dony Kusuma Wardana, Prisilia Nanda Prastika & Dian Permata Kusuma Dayu. (2022). Penggunaan Papan Pintar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar. SeminarNasional Bahasa, Sastra,Seni, dan

Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI Banjarmasin.

Mulyani, Sri. (2017). Penggunaan Media Kartu(Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan (JPK), 3(2), pp. 143-148.

Nadhiroh, Syifaun & Isa Anshori. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol 4 No. 1.

Purbayanti, Ratih Lisma, Suherdiyanto & Ivan Veriansyah. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 1, pp. 22-29

Putri, Cindy Rizani, Sukendro & Ugi Nugraha. (2023). Penggunaan Media Question Card untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Muatan IPA di KelasIV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), Volume 6, Nomor 7, pp.

-4625.

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33.

Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 2, No. 1.

Saputri, Okta Fiani Wulan & Feri Tirtoni. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Krembung Pada Masa Pandemi. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, Volume 07 Nomor 02.

Sarudi, Wawan. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX G SMPN 3 Wates Kediri. Hasta Wiyata: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.DOI: 10.21776/ub.hastawiyata.2018.001.01.06

Setyawati, Rina, Suyoto & Muflikhul Khaq. (2023). Korelasi Keaktifan Siswa Dalam Kepramukaan Dengan Hasil Belajar PPKNMateri Hak dan Kewajiban Pada Peserta Pramuka SD Negeri 1 PangenrejoTahun Pelajaran 2021/2022. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 4, pp. 2942-2953.

Torro, Supriadi, Yusriani & Idham Irwansah Idrus. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara Kab. Sinjai. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, Volume 5 Nomor 2.

Yuksafa, Otib Satibi Royana, Otib Satibi & Edwita. (2023). Pengembangan Media Kartu Bergambar Elektronik Pada Pembelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Inovatif, Vol. 06, No. 01, pp. 35-42


Refbacks

  • There are currently no refbacks.