Pengaruh Penggunaan Media Buku Tempel Terhadap Pemahaman Materi Siswa Kelas X SMK

Santi Sartika, Sudarmini Sudarmini, Sutri Wardati

Abstract


Metode yang digunakan untuk menyusun artikel ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam artikel ini adalah observasi langsung di lapangan. Sumber data diambil langsung ketika pembelajan bahasa Indonesia dengan materi teks laporan hasil observasi berlangsung di kelas X TJKT 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta selama massa PLP II berlangsung yaitu tanggal 09 September 2023 sampai dengan 8 Oktober 2023. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) proses pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media buku tempel di kelas X TJKT 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta di awali dengan periapan oleh guru, setelahnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan media buku tempel, dilanjutkan dengan penugasan dan evaluasi, (2) penggunaan media buku tempel terhadap pemahaman materi teks laporan hasil observasi di kelas X TJKT 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki dampak langsung pada hasil belajar siswa dengan meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa, (3) ada beberapa faktor yang memengaruhi jalannya proses pembelajaran yaitu peran guru, siswa, materi pembelajaran, metode pengajaran, lingkungan pembelajaran, kurikulum belajar, teknologi pendidikan, evaluasi dan umpan bail, serta kedisplinan dan pengelolaan kelas.

Keywords


Buku Tempel, Media Pembelajaran, Siswa

Full Text:

PDF

References


Damaryanti, D. A., & Suwartini, I. (2021). Pembelajaran Daring Daring Teks Eksposisi Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Smpn 1 Sewon: Pembelajaran Daring Teks Eksposisi Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 1 Sewon. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 8(1), 61-70.

Lestari, Mega, M. dan Y. S. E. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 3(4).

Lukmanulhakim, L., & Uswatun, D. A. (2019). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas TinggI. Ummi, 13(1), 53-66.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 40-50.

Rohmiasih, C., Rohmiati, C., & Sartika, S. (2022). Penggunaan Berbagai Media untuk Mendogeng sebagai Upaya Penerapan Sastra Anak di Era Digital. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra (Vol. 1, pp. 427-435).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, I. S. M., & Sopaheluwakan, Y. B. (2018). Pengembangan Media Buku Tempel (Scrapbook) Untuk Memahami Kebudayaan Jepang Dalam Minna No Douyou Dai Ni Shuu. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Wardani, D. R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 202-211.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2), 120–133.

Zainah, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Laporan Observasi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 39-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.