Mengenalkan Budaya Jawa Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Perkembangan Aspek Sosial Emosional Dan Seni Pada Anak Usia 4-6 Tahun

Devi Febriana, Tiya Nurfitri Ningsih, Setya Pandu Wijayanti, Iyan Sofyan, Nailul Fauziati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengetahuan anak tentang Dolanan Jawa dan Bahasa Jawa bagi anak usia dini. Karena saat ini masih banyak anak anak bahkan orang yang sudah dewasa lupa tentang kebudayaan Jawa. Maka, Peran guru sangatlah penting untuk memberi pengetahuan kepada anak tentang kebudayaan daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program Budaya Jawa yang mencakup Dolanan Jawa yang dilaksanakan di TK ABA Krapyak Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pentingnya pendidikan Dolanan Jawa bagi anak usia dini agar mampu mengenal kebudayaannya sejak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini, Budaya Jawa, Seni, Sosial Emosional

Full Text:

PDF

References


AR Nisa, P Patonah. (2021). Perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun: tinjauan pada aspek kesadaran diri anak. Jurnal uai.

AS Ambarriani, D Susetyo, E Atmadji, H Djajadikerta. (2015). Ucapan Terima Kasih. Journal Unpar. Vol 19. No 1.

Hidayat, Nur. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 2. No. 1.

Intania R. (2023). Budaya Lokal Sebagai Warisan Budaya dalam upaya membentuk nilai moral anak. Jurnal Unitir.

Maria I. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal STIT Palapa Nusantara

Nurwati AD. (2019). Bab II Kajian Pustaka. jurnal Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Pratiwi, L. W. (2018). Pelaksanaan Pengenalan Budaya Jawa Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Ananda Ceria Yogyakarta. Pendidikan Guru Paud S-1, 7(7), 563-570.

Sugianti, Aniek. 2012. Modul Pelatihan Calon Pelatih Pendidikan Anak Usia Dini Angkatan II: Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Semarang: Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal.

Warsiti, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dalam Membentuk Karakter Toleransi pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Yunita, Bernadeta. K. U. 2015. Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kegiatan Bercerita pada Anak Kelompok A TK Karya Rini Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Yeni, I. (2013). Kesulitan yang Ditemui Pendidik dalam Pembelajaran Musik Melalui Kegiatan Menyanyi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 1. Padang : Universitas Negeri Padang.

Zahro,H.L. (2018). Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 - 6 Tahun Melalui Dolanan Jamuran. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.