Analisis Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah Demangan

Dyah Martawidya, Pristasya Salmanda, Suyitno Suyitno, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan karakter disiplin pada peserta didik melalui pembiasaan budaya di sekolah. Pendidikan karakter mencakup banyak sekali yang perlu ditanamkan kepada peserta didik seperti karakter religius, jujur, sosial, disiplin, dan lain sebagainya. Penelitian ini difokuskan pada penanaman karakter disiplin peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, penyajian, reduksi data, dan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Demangan. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kegiatan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : 1) Di SD Muhammadiyah Demangan sudah menerapkan penanaman pendidikan karakter disiplin dan sudah menjadi budaya di sekolah ini, 2) Salah satu program yang sudah berjalan yaitu peserta didik harus datang tepat waktu, 3) Sekolah menerapkan adanya poin pelanggaran dan jika poin semakin bertambah maka peserta didik harus siap menerima punishment yang diberikan pihak sekolah. 4) Pentingnya hubungan yang baik serta keterlibatan orang tua demi mendukung program pendidikan karakter disiplin yang sudah dijalankan oleh sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik di SD Muhammadiyah Demangan menanamkan karakter disiplin melalui budaya sekolah seperti datang tepat waktu

Full Text:

PDF

References


Candrasari, D., A.H, A. T., Solikah, A., & Setiawaty, R. (2022). Peran Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin pada Peserta Didik Kelas IV di SD N 5 Klumpit. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 251–259.

Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Natalini, B., & Hardini, A. T. A. (2020). Implementasi Program Pendidikan Karakter di SD Kanisius Gebdongan Salatiga. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 77–86. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Nopianti, S., Alfiandra, & Faisal, E. El. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMP Islam Az-Zahrah 1 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 174–180. Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, 2(2), 90–100.

Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6307–6312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3236

Rohmah, N., Hidayat, S., Nulhakim, L., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150–159. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.