Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini

Kuni Khirol Akmaliyah, Dewi Eko Wati, Khoriah Alfath

Abstract


Kecangggihan teknologi dan informasi saat ini menopang kehiduoan masyarakat. Untuk membangkitkan keterpurukan suatu bangsa diperlukan pembiasaan literasi sejak dini. Literasi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam suatu kemajuan saat ini. Upaya yang dapat dilakukan dalam menerapkan pembiasaan literasi sejak dini dengan bermain. Pada hakikatnya anak usia dini belajar melalui bermain. Anak Usia Dini adalah anak yang baru dilahirkan hingga usia 6 tahun. Penelitian observasi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus mengenai fenomena literasi di An-Nahl Daycare. Dari hasil penelitian observasi yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Program penerapan literasi dini sudah cukup terimplementasikan dengan baik di An-Nahl Daycare. Dengan menerapkan dua poin kegiatan dalam proses pembelajaran anak usia 1-4 tahun. Selain itu, peran guru dalam memposisikan diri sebagai siswa bisa menghasilkan kegiatan bermain literasi dini dan kegiatan pembiasaan yang sesuai. Peran guru dalam mengimplementasikan program ini, di dukung penuh oleh orang tua yang terlibat aktif dalam kegiatan pembiasaan literasi di rumah.

Keywords


Anak Usia Dini, Bermain, Literasi

Full Text:

PDF

References


Irianti, Putri Oviolanda dan Febrianti, Lifia Yola. “PENTINGNYA PENGUASAAN LITERASI BAGI GENERASI MUDA DALAM MENGHADAPI MEA”. Proceedings of Education and Language International Conference Vol 1, No 1 (2017)

Sukesi, Syahida, Aruny Amalia, dan Ruhaeni Lisnawati. “Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) di PAUD AL AMIN Karanganyar”. Abdi Psikonomi Vol 3, No 2 (2022)

Wiyani, Novan Ardy (2022). “KEBIJAKAN PROGRAM LITERASI DINI”. Journal of Islamic Education Management Oktober 2022, Vol.7, No.2 Hal 217 -236


Refbacks

  • There are currently no refbacks.