Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Melalui Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Elisna Windarsih Cahyandani, Annisa Nurul Nabill Ryandani, Dholina Inang Pambudi, Rr. Sinta Kusuma Ningrum

Abstract


IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep IPAS melalui metode eksperimen berbantuan alat peraga pada materi perubahan wujud benda kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul melalui rekapitulasi data hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik cenderung lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran serta perolehan hasil belajar baik secara kelompok maupun individu telah melampaui KKM.

Keywords


IPAS; Eksperimen; Perubahan Wujud Benda; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar (Jakarta:Bina Aksara 1990), 21.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011), 7.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. Evaluasi Pembelajaran (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013).

Daryanto. Evaluasi Pendidian (Jakarta: Rineka Cipta, 2007).102.

Pendidikan, J., & Konseling, D,. Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA (Vol.5)

Winda Maharani. (2021). IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN: Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA SD Negeri 4 Metro Utara. In Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.