Minat Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Reguler dan KKO (Kelas Khusus Olahraga) di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Aprily Putri Suharja, Indah Sulistyo Budi Wijaya, Lintang Anggita Prasetyawati, Rosi Pratita Endramaji, Destri Ratna Ma’rifah, Sri Mulyani

Abstract


Ketertarikan dalam belajar perlu diperhatikan oleh seorang guru agar peserta didik termotivasi dan memiliki hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar biologi kelas X reguler dan KKO di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah cluster sampling, dan untuk teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan membacakan persentase hasil observasi dari instrumen angket dan mendeskripsikan hasil data yang telah terkumpul. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas X reguler memiliki rata-rata sebesar 65% yang menunjukkan persentase kriteria cukup. Sedangkan hasil rata-rata pada kelas X KKO sebesar 46% yang menunjukkan persentase kriteria sangat kurang.

Keywords


Belajar, Biologi, Minat, SMA

Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205–215.

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123.

Amjah, D. Y. P. H. (2014). A Study of Teachers’ Strategies So Develop Students’ Interest towards Learning English as a Second Language. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 134, 188-192.

Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2020). Meningkatkan minat dan hasil belajar Biologi siswa di SMA negeri 10 kota Bengkulu dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 742–751.

Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat belajar siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan media Powerpoint. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17-22., 5(1), 17–22.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389.

Hariyadi, S. (2015). Evaluasi akademik mahasiswa biologi terhadap perkuliahan genetika di universitas jember. Jurnal Bioedukasi, 3(2).

Ismiati, I. (2020). Pembelajaran biologi SMA abad ke-21 berbasis potensi lokal: Review potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 234–247.

Jurumiah, A. hakim, & Husen, S. (2020). Sekolah Sebagai Instrumen Konstruksi Sosial di Masyarakat (School As a Social Construction Instrument In The Community). ISTIQRA’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 1–9.

Khairani, I., Yogica, L. R., & Fuadiyah, S. (2021). Hubungan Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Guru dengan Kompetensi Pengetahuan Biologi di SMA N 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan Biologi., 5(1), 25–32.

Kurnia, S., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Biodik, 7(4), 70–76. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14489

Marleni, L. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159. Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 149–159.

Pratama, Y. M. P., Iswari, R. S., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi persepsi dan minat dengan hasil belajar siswa kelas 10 lintas minat biologi SMAN 1 Ambarawa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(8), 57–67.

Samani, M., & Haryanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya.

Silmi, M., & Kusmarni, Y. (2017). Menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran sejarah melalui media puzzle. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 6(2).

Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2017). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Ula, S., Gunaisah, E., & Ridho, A. (2019). Pengembangan Tugas-tugas Biologi dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa. Biolearning Journal, 6(1), 31–34.

Vasmin, M. E., Syafriati, Y. M., Sada, M., & Nurfadilah, N. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi pada Implementasi Kurikulum 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.