Artificial Intellegence: Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sains SMA

Hilda Azkiyatul Ma’rifah, Pramudyta Pramudyta, Much. Fuad Saifuddin

Abstract


Teknologi AI adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang mana untuk membantu manusia mempermudah pekerjaan baik di bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan agama. Teknologi AI dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran baik untuk guru maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi AI oleh guru dalam pembelajaran sains. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel dari penelitian ini melibatkan 8 guru sains di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan lembar panduan wawancara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi AI oleh guru dalam pembelajaran sains belum terealisasikan dengan baik karena minimnya pengetahuan guru tentang penggunaan teknologi AI. Sehingga diperlukan adanya dukungan berupa perkembangan teknologi khusus pendidikan dan pelatihan yang cukup untuk meningkatkan bentuk para pengajar atau guru.

Keywords


Artificial Intelligencel, Guru Sains, Pembelajaran Kelas

Full Text:

PDF

References


Correia, A.-P., Liu, C., & Xu, F. (2020). Evaluating videoconferencing systems for the quality of the educational experience. Distance Education, 41(4), 1–24. https://doi.org/10.1080/01587919.2020.1821607

David. (2020). Artificial Intelligence as Solution in Facing the Age of Digital Disruption 4.0. JUDIMAS: Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107–1016. https://doi.org/10.30700/jm.v1i1.1090

Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Ismagilova, E., Aarts, G., Coombs, C., Crick, T., Duan, Y., Dwivedi, R., Edwards, J., Eirug, A., Galanos, V., Ilavarasan, P. V., Janssen, M., Jones, P., Kar, A. K., Kizgin, H., Kronemann, B., Lal, B., Lucini, B., … Williams, M. D. (2021). Artificial Intelligence (AI): Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and polic. International Journal of Information Management, 57, 101994. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.08.002.

Farwati, M., Salsabila, I. T., Navira, K. R., & Sutabri, T. (2023). ANALISA PENGARUH TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. JURSIMA: JURNAL SISTEM INFORMASI & MANAJEMEN, 11(1), 39–45. https://doi.org/10.47024/js.v11i1.563

Hermawan, I., Supiana, & Zakiah, Q. Y. (2020). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN GURU DI ERA SOCIETY 5.0. JIEMAN: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATIONAL MANAGEMENT, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33

Husain, R. (2021). KEMAMPUAN GURU SEBAGAI PENGGERAK PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0 DI KABUPATEN BONE BOLANGO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 201–210.

Kurniawan, A. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 5 PONOROGO, JAWA TIMUR. Jurnal TEKNODIK, 23(1), 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Natasya V. Leuwol, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304

Myori, D. E., Krismadinata, Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Pakpahan, R. (2021). ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM KEHIDUPAN MANUSIA. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Pratikno, A. S. (2017). Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline. Proceeding KMP Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana, 18–27. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Pratikno/publication/326587213_Impl ementasi_Artificial_Intelligence_dalam_Memetakan_Karakteristik_Kompetensi_da n_Perkembangan_Psikologi_Siswa_Sekolah_Dasar_Melalui_Platform_Offline/link s/5b581372aca272a2d6670be8/

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Sasmito, G. W., Apriliani, D., & Nishom, M. (2022). Studi Pengenalan Teknologi Artificial Intelligence Bagi Guru dan Siswa SMK Nurul Islam Larangan. Jati Emas: Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.36339/je.v6i1.508

Sasmito, G. W., Wijayanto, S., & Zulfiqar, L. O. M. (2020). Studi Pengenalan Internet of Things Bagi Guru dan Siswa SMK Bina Nusa Slawi Sebagai Wawasan Salah Satu Ciri Revolusi Industri 4.0. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 186–194. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3692

Supangat, Saringat, M. Z. Bin, & Koesdijarto, R. (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK), 5(1), 270–279. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64

Supriyadi, E. I., & Asih, D. B. (2021). IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI BIDANG ADMINISTRASI PUBLIK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal RASI, 2(2), 12–22. https://doi.org/10.52496/rasi.v2i2.62

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1062

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Shofiah, T., Nurazizah, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 3(1), 15–20. https://doi.org/doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.