Pemahaman Siswa SMA Negeri 1 Bantul terhadap AMARTA sebagai Nama Perpustakaan dan Sudut Baca

Rizki Amalia Fatma, Novi Febrianti, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Kebudayaan adalah hal yang harus dilestarikan agar tidak hilang. Agar kebudayaan tersebut tetap terjaga maka perlu ditanamkannya rasa cinta terhadap kebudayaan tersebut kepada masyarakat. Namun, dengan adanya pengaruh budaya luar membuat masyarakat terutama anak bangsasaat ini mulai meninggalkan budaya yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pemahaman siswa SMA Negeri 1 Bantul terhadap AMARTA sebagai   nama perpustakaan dan sudut baca. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara tatap muka dan dengan melakukan observasi langsung ke sekolah. Dengan menggunakan nama AMARTA di SMA N 1 Bantul, diharapkan siswa dapat mengetahui serta memahami filosofi dan manfaat dari nama AMARTA sebagai nama perpustakaan dan sudut baca. Selain itu, dengan adanya nama Amarta siswa juga memahami bahwa kebudayaan yang telah diwariskan sejak jaman nenek moyang penting untuk dilestarikan

Keywords


Pemahaman Siswa, Nama Budaya, AMARTA, Kebudayaan

Full Text:

PDF

References


Budiarto, G. (2020). Dampak Cultural Invasion terhadap Kebudayaan Lokal: Studi Kasus Terhadap Bahasa Daerah. Pamator Journal, 13(2), 183–193. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i2.8259

Ma’unah, S., Ulfa, S., & Adi, E. (2020). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Seni Musik Hadrah Al-Banjari. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 42–

https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p042

Nafisah, D. (2016). Peran Pendidikan Muatan Lokal terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 451. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1078

Nahak, H. M.. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2017). Internalisasi nilai dan karakter melalui budaya sekolah (studi budaya sekolah jumat berkah). WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 45–57. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4

Sularso, P. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan tahun 2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181


Refbacks

  • There are currently no refbacks.