Implementasi Sikap Toleransi Siswa dalam Menggeneralisasi Siswa ABK di SD Muhammadiyah Banguntapan

Ellina Saharani, Nining Istiqomah, Diyah Puspitarini, Isna Rahmiyati

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi adanya keberagaman pada sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi dibutuhkan sikap toleransi antar sesama siswa dalam upaya menggeneralisasi siswa ABK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sikap toleransi siswa dalam menggeneralisasi siswa ABK di SD Muhammadiyah Banguntapan. Jenis penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di sekolah inklusif SD Muhammadiyah Banguntapan telah mengambil beberapa langkah untuk mendorong toleransi pada siswanya, dengan memastikan bahwa siswa reguler dan khusus memiliki akses terhadap kesempatan dan hak pendidikan yang sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru harus menggunakan pengaturan tempat duduk yang sama untuk semua siswa, mendorong diskusi kelompok sebagai alat pembelajaran, selalu memberikan nasihat, dan menggunakan contoh perilaku nyata untuk membantu siswa mengembangkan sikap yang mendorong toleransi.

Keywords


Strategi, Toleransi, Pendidikan Inklusi

Full Text:

PDF

References


Azmi, S. S. U., & Nurmaya, T. E. (2020). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Pembelajaran Terhadap Perilaku Inatensi Pada Anak ADHD Di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(1), 60-77.

Bakar, A. (2016). Konsep toleransi dan kebebasan beragama. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123-131.

Dewi, N. K. (2017). Manfaat program pendidikan inklusi untuk aud. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12-19.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). CV. Alfabeta.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter, 4(3).

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705.

Riasti, E. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kelas Inklusi Di Sd Negeri Widoro Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Basic Education, 4(9).

Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., & Ulfah, U. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339-348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.