Analisis Penerapan Budaya Shalat Dzuhur Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Mesya Anggreini, Sutarman Sutarman, Ahmad Hanafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang kedisiplinan shalat berjamaah dapat mengajarkan seseorang untuk berdisiplin dan mencegahnya melakukan perbuatan jahat dan zalim. Kehidupan yang tepat khususnya dalam studi. Perilaku disiplin tidak akan berkembang dengan sendirinya, namun memerlukan perhatian, kecenderungan, dan lebih banyak lagi disiplin. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepribadian siswa disiplin di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dan bagaimana kecenderungan pembekalan dalam penerapan shalat dzuhur berjamaah di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dalam menyusun kepribadian siswa disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui derajat disiplin siswa dan mengetahui kecenderungan pembekalan dalam berkumpul dalam membentuk kepribadian disiplin siswa. Eksplorasi semacam ini merupakan pemeriksaan subyektif yang diarahkan. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian digunakan metode analisis deskriptif untuk melihat data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul sudah cukup baik, sudah terbiasa melaksanakan salat berjamaah, dan masih terdapat siswa yang belum disiplin dalam shalat.

Keywords


Analisi, Penerapan Budaya, Shalat

Full Text:

PDF

References


Fajrussalam, H., Mulyani, A., Anisa, P. S., Sadiah, S. K., & Winengsih, W. (2022). Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Shalat Berjamaah terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Rasa Tanggung Jawab. FONDATIA, 6(2), 346-356.

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34-40.

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Yuliani, Y., Damopolii, M., & Usman, U. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 147-155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.