Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Piyungan

Natika Rahayu, Ahmad Muhammaram Habibie, Aliyah Hanifah, Arief Abdillah Nurusman, Reni Mundarti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari minat belajar terhadap hasil belajar pada siswa dalam mempelajari materi biologi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Piyungan. Penelitian merupakan jenis penelitian survei dengan metode deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Piyungan. Sampel dalam penelitian menggunakan cluster random sampling. Analisis data menggunakan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov, Uji Homogenitas dengan Levene’s Test, dan Uji Korelasi dengan Non Parametrik Spearman. Hasil minat belajar dan hasil belajar masuk dalam kategori sedang dengan persentase 85,16% dan 88,89%. Hasil Uji normalitas yaitu 0,008 < 0,05 yang berarti data tidak berdistribusi normal. Maka dari itu Uji Korelasi menggunakan Rank Spearman dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,037. Dengan demikian dapat disimpulkan minat belajar dapat mempengaruhi hasil belajar.

Keywords


Biologi, Hasil Belajar, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.25273

Amin, E. V., Andayani, Y., & Sukib, S. (2018). Hubungan antara minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Mataram tahun ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.29303

Ardiana, R., & Shodiqin, M. A. (2022). Analisis pembelajaran daring terhadap minat belajar biologi siswa SMA di Kabupaten Jombang. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 12–22. https://doi.org/10.35719

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.30821

Busro, M. (2017). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta, EXPERT.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389. https://doi.org/10.56248

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.3741

Leila, L., Adhani, A., & Vlorensius, V. (2021). Hubungan minat belajar siswa kelas X lintas minat pada mata pelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tarakan. Biopedagogia, 3(1), 26–36. https://doi.org/10.35334

Mursyidi, W. (2019). Kajian teori belajar behaviorisme dan desain instruksional. Al Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.38153

Muyassaroh, I. K. (2021). Belajar Efektif dan Efisien untuk Problem Belajar Siswa yang Berprestasi Rendah. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 98-109

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 171–179. https://doi.org/10.30998

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi powtoon terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar peserta didik. Focus Action of Research Mathematic, 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762

Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar fisika melalui model project based learning di kelas XI Mipa SMA N 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.33369

Yohana, L., & Lufri, L. (2022). Tingkat korelasi serta persentase permasalahan motivasi, minat dan konsentrasi belajar siswa kelas XI MIPA dalam pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(3), 80–89. https://doi.org/10.55241


Refbacks

  • There are currently no refbacks.