Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Melalui Program BQ di SMP Unggulan Aisyiyah

Miftah Aziza, Arif Rahman, Syahrul Ramadhon

Abstract


Al-Qur’an merupakan kitab suci dan bagian terpenting dalam kehidupan umat Islam. Namun dilihat dari fakta yang terjadi di sekolah-sekolah yang berlabel Islami sekarang ini, masih banyak dijumpai peserta didik yang kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an. Maka dari itu, SMP Unggulan Aisyiyah mengantisipasi dengan melakukan pembelajaran Al-Qur’an melalui program BQ. Artikel ini akan membahas tentang upaya meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an melalui program BQ di SMP Unggulan Aisyiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Unggulan Aisyiyah. Adapun untuk pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa: (1) tujuan dari program BQ, yaitu agar siswa saat lulus dari SMP Unggulan Aisyah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar; (2) pelaksanaan program BQ di SMP Unggulan Aisyiyah dilakukan satu persatu dengan maju kedepan; ( 3) Evaluasi program BQ berupa tes lisan yang dilakukan setiap ujian semester.

Keywords


Program BQ, Kemampuan, Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Hasanah, N. H. (2013). Efektifitas Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Siswa Kelas VII Mts N Sumberagung Jetis Bantul. 59-86.

Hardivizon, Anrial. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. 68-86.

Hidayah, A. R., Hanifiyah, F., & Zahro’, F. (2022). Implementasi Program BTA (Baca Tulis Al - Qur'an) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri. 109-125.

Julianto, A., Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. 175-184.

Jumriani. (2021). Program Baca Tulis Al-Qur'an; Sebuah Habituasi Pendidikan Karakter Pada Anak Di Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala. 19-25.

Muhsin, A. (2017). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur'an DI TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. 275-290.

Novianto, B., Nurzeha, F. K., & Syahmahasadika, A. (2022, Desember). Peningkatan Kemampuan Membaca Al - Qur'an Melalui Program Bengkel Al-Qur'an (Belajar Ngaji Kelompok) Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Malang. 125-141.

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. 100-110.

Rahman, A. (2016). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 75-88.

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Qiptiyah, T. M. (2021). Implementasi Program Baca Tulis AL-Qur’an (BTQ) Di Madrasah Aliyah Roudlotul Mutaallim Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 316-326.

Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakurikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di SMP N 9 Rejang Lebong, 63-71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.