Implementasi Project Geguritan Untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta

Hanan Afifah Akhmad, Yusup Rahmad Romadhon, Ersan Firdaus, Lini Siwi Larasati, Hendro Widodo, Vrisca Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penerapan project  P5 Geguritan di SD Muhammadiyah Sagan yaitu pengimplementasian nya untuk  menumbuhkan kearifan lokal peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Sagan.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara,  observasi, dan dokumentasi dengan desain penelitian analisis isi. Hasil penelitian  yang diperoleh menunjukkan bahwa proses implementasi project Geguritan pada  peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Sagan adalah peserta didik mengalami  kesulitan dalam pemahaman kosakata dan arti Bahasa Jawa dalam geguritan, serta  peserta didik mutasi luar daerah Jawa yang belum terbiasa dengan penggunaan  Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari juga mempengaruhi kesulitan mereka  dalam memahami project P5 Geguritan. Selain itu adanya beberapa peserta didik  yang berasal dari luar Jawa juga membuat mereka kesulitan menerjemahkan bahasa  indonesia ke bahasa Jawa. Namun implementasi project Geguritan ini juga  bermanfaat bagi peserta didik kelas V karena dapat menumbuhkan karakter  bertanggung jawab terbukti dengan kerja sama antar peserta didik dalam kelompok  yang nampak nyata, peserta didik selalu membuat tema penuh makna di setiap  pertemuan dan setiap karya yang dihasilkan adalah buah pikiran yang jujur dari  kelompok tersebut.

Keywords


Geguritan, Project P5, SD Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. (2018). Delsain pelnellitian analisis isi (Contelnt analysis). Relselarch Gatel, 5(9), 1-20.

Ali, M. (2016). Melmbeldah tuljulan pelndidikan mulhammadiyah. Profeltika: Julrnal Stuldi Islam, 17(01), 43-56.

Felstiawan, R. (2020). Bellajar dan pelndelkatan pelmbellajaran. Ulnivelrsitas Jelndelral Soeldirman, 11.

Hapsari, El. (2014). PElNINGKATAN KElTElRAMPILAN MElNUlLIS GElGUlRITAN DElNGAN MelTODEl OBJElK LANGSUlNG PADA SISWA KElLAS X SMA NElGElRI 2 KElBUlMElN (Doctoral disselrtation, Pelnd. Bhs Jawa).

Haryati, T., Sulciptaningsih, O. A., & Widodo, S. (2017, Novelmbelr). PElMBElLAJARAN BAHASA JAWA DI SElKOLAH DASAR. In SElMINAR HASIL-HASIL PElNElLITIAN 2017.

Kelmelndikbuld Ristelk. (2021). Pandulan Pelngelmbangan Projelk Pelngulatan Profil Pellajar. Pancasila. In Kelmelntelrian Pelndidikan Dan Kelbuldayaan

Mappaselrel, S. A., & Sulyulti, N. (2019). Pelngelrtian Pelnellitian Pelndelkatan Kulalitatif. Meltodel Pelnellitian Sosial, 33.

Marisa, M. (2021). Inovasi kulrikullulm “Melrdelka Bellajar” di elra socielty 5.0. Santhelt: Julrnal Seljarah, Pelndidikan, Dan Hulmaniora, 5(1), 66-78.

Mulkrimaa, S. S., Nulrdiansyah, Fahyulni, El. F., YUlLIA CITRA, A., Schullz, N. D., د ,غسان., Tanireldja, T., Faridli, El. M., & Harmianto, S. (2016). PElNINGKATAN KElMAMPUlAN MElNUlLIS GElGUlRITAN DElNGAN TElKNIK KATA BElRANTAI PADA SISWA KElLAS VII El SMP NElGElRI 3 SLElMAN. Julrnal Pelnellitian Pelndidikan Gulrul Selkolah Dasar, 6(Aulgulst), 128.

Sam, A., Tarsan, V., & Eldul, A. L. (2023). PANCASILA DI SElKOLAH DASAR PROFIL Correlsponding aulthor : 4(1), 65–72.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). BAHASA DAN SASTRA JElMBATANI KElARIFAN LOKAL DUlNIA GLOBAL. Angelwandtel Chelmiel Intelrnational Eldition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://meldiulm.com/@arifwicaksanaa/pelngelrtian-ulsel-casel-a7el576el1b6bf

Widiandhika, A. P. T., Winarni, R., & Daryanto, J. (2014). Analisis pelrmasalahan prosels pelmbellajaran bahasa jawa matelri gelgulritan kellas IV di selkolah dasar. 449.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.