Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Branstroming Dengan Media Diagram VARK Untuk Mengenali Gaya Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Aghni Rohmaniati, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo, Suci Ayu Kharisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian efektivitas layanan bimbingan klasikal melalui penggunaan teknik brainstorming dan media diagram VARK untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dengan siswa kelas VIII A sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dari tes gaya belajar VARK dan pengamatan terhadap pelaksanaan bimbingan klasikal yang menggunakan teknik brainstorming dengan media diagram VARK. Data kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan metode analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teknik brainstorming dan media diagram VARK efektif dalam mengidentifikasi gaya belajar siswa. Dalam konteks pembelajaran, setiap siswa memiliki preferensi yang berbeda dalam gaya belajar mereka, seperti melalui pendengaran, penglihatan, membaca, menulis, dan tindakan. Oleh karena itu, teknik brainstorming sangat membantu guru dalam menyesuaikan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Dengan bantuan bimbingan klasikal yang menggunakan teknik brainstorming serta media diagram VARK, siswa dapat lebih memahami dengan jelas preferensi gaya belajar yang mereka miliki. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa teknik brainstorming memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam membantu siswa dalam menemukan solusi atas berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Teknik brainstorming memberikan siswa kesempatan untuk membagikan ide dan pandangan mereka mengenai masalah tertentu yang dihadapi dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik bimbingan klasikal yang menggunakan teknik brainstorming dan media diagram VARK sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan perkembangan pribadi siswa. Hasil dari penelitian ini memberikan manfaat yang besar bagi pendidik untuk mengembangkan teknik-teknik bimbingan klasikal yang efektif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.

Keywords


Bimbingan Klasikal, Gaya Belajar, Media Diagram VARK, Teknik Brainstroming

Full Text:

PDF

References


Fatih, A. U., Trisnani, R. P., & Wigati, C. W. (2023). Bimbingan Klasikal Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII. Journal of Health Guidance and Counseling, 1(1), 25-32.

Ferdiansyah, M., & Sari, K. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Keaktifan Berkomunikasi Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 2(1), 1-5.

Sarifuddin, S. (2021). Penerapan Bimbingan Klasikal dengan Metode Brainstorming atau Curah Pendapat untuk Meningkatkan Pemahaman Konseli Generasi Z pada Topik Dampak Smartphone dan Media Sosial di Kelas XII MIPA. 1 Semester 1 SMAN 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 305-315.

Widharyanto, B., & Pd, M. (2017). Gaya belajar model vark dan implementasinya di dalam pembelajaran keterampilan Berbahasa Indonesia. International Communication Through Language, Literature, and Arts, 69-84.

Widianningsih, N., & Putri, R. D. M. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Gaya Belajar Anak Usia 12 s/d 18 Tahun dengan Program Bantu Media Visual Aural Read Kinesthetik (VARK). Jurnal Teknik Elektro, 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.