Peran Guru BK dalam Meningkatkan Sikap Percaya Diri Melalui Layanan Bimbingan Klasikal di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan

Aliftiana Abiyyah Safitri, Muhammad Putra Tanjung, Amien Wahyudi, Jeehana Dwi Astuti

Abstract


Studi ini berfokus dalam memahami prosedur pelaksanaan bimbingan klasikal yang diterapkan pembimbing konseling dan strategi guru BK dalam membentuk keyakinan diri pada murid kelas XII IPS 2 di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Studi ini ialah analisis lapangan yang memakai metode kualitatif dalam pendekatannya. Mengenai subjek penelitian ini, ialah guru pembimbing (BK) dan pelajar kelas XII IPS 2. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian merupakan gimana proses prosedur bimbingan klasikal yang bertujuan dalam mengoptimalkan rasa percaya diri para pelajar angkatan XII IPS 2 di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Data dikumpulkan mengunakan pengamatan, dialeg tanya jawab, serta pengumpulan dokumen. Guna menganalisis informasi dengan memakai pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan pengaturan dan klasifikasi fakta yang sudah terkutip. Tujuannya merupakan memberikan jawaban terhadap perumusan masalah yang telah diungkapkan sebelumnya. Temuan dari studi ini mengindikasikan bahwa: tahapan bimbingan klasikal dalam mengembangkan keyakinan diri pelajar dikelas XII IPS 2 di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan, dimulai dengan merencanakan kegiatan yang terstruktur pada RPL, penataan yang mencakup nasehat dan fasilitas, implementasi dari tindakan tersebut, pemantauan juga evaluasi digunakan dalam menilai pelayanan yang telah dilakuin, dan prosedur perbaikan yang diambil dengan pengajar konseling.

Keywords


Bimbingan Klasikal, Kepercayaan Diri, Siswa

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan (Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368-380.

Andriani, H. (2020). Peran Guru BK dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di MAN 1 Labuhanbatu Utara. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 2(2).

Fatoni, M. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Blended Learning, 2(1), 1–14.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IX DI SMP Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.

Palupi, N. (2019). “Efektivitas Penggunaan Media Bimbingan Dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VIII Smp Stella Matutina Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(2), 75–83.

Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). “Layanan Bimbingan Klasikal untuk Siswa Kelas X yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah SMA Asshiddiqiyah Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 81-88.

Widiyanti, S. D., Supingi, S., & Trisnani, R. P. (2023, July). Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Metode Bermain Peran Peserta Ddidik Kelas VIII SMP Negeri 2 Ponorogo. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan,

Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 2, No. 2, pp. 381-388).

Zulkarnain, A., & Uzlifah, T. (2020). Bimbingan Klasikal Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta: Classical Guidelines In Building The Confidence Of Grade X IBB Man 3 Students, Bantul Yogyakarta. Suluh: Jurnal

Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 8-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.