Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mendukung Suasana Belajar yang Efektif di SMP Negeri 4 Sewon

Farid Gunawan, Hardi Santosa, Ratri Kusumastuti

Abstract


Dalam lingkungan pendidikan yang semakin kompleks, bimbingan dan konseling memiliki peran sentral dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Tantangan seperti keterbatasan sumber daya, stigma, dan kebutuhan siswa yang beragam diulas, diikuti oleh peran bimbingan dan konseling dalam mendukung pengembangan pribadi, akademik, dan sosial siswa. Artikel ini menguraikan strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi tantangan, termasuk pendekatan individu, kelas konseling, dan kolaborasi dengan orang tua. Suasana belajar yang efektif, yang menggabungkan elemen kreatif, interaktif, dan inklusif, juga dijelaskan sebagai komponen kunci untuk mendukung pertumbuhan holistik siswa.

Keywords


Bimbingan dan konseling, Belajar, Tantangan

Full Text:

PDF

References


Putri, A. I., & Azis, S. N. (2023). TANTANGAN PENERAPAN PEDAGOGI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 401-412.

Setianingsih, E. S. (2016). Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1).

Nurfatihah, S., Kamal, M., Afrinaldi, A., & Putra, D. P. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Interaksi Sosial Siswa di SMPN 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2378-2383.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171-184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.