Efektivitas Bimbingan Belajar Bagi Siswa Yang Masih Sulit Baca Tulis Al-Qur'an di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Ni'matus Syakirah, Arif Rahman, Syadah Khusniawati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai efektivitas bimbingan belajar bagi siswa yang masih sulit baca tulis Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta secara lebih detail. Dalam artikel ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yakni peneliti langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang konkrit yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu sumber dari wawancara, observasi dan dokumentasi, guna memperoleh hasil yang akurat yang dapat dipertanggung jawabkan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bimbingan belajar baca tulis Al-Qur’an dirasa sangat membantu siswa dalam memahami Al-Qur’an, karena bimbingan belajar itu merupakan program wajib bagi siswa yang mana dibagi ke dalam dua kelas yakni kelas reguler dan tahfidz. Untuk siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an maka akan difasilitasi kelas matrikulasi. Pelaksanaannya satu kali dalam satu minggu dan khusus kelas matrikulasi pelaksanaannya dua kali bahkan lebih setiap pekannya.

Keywords


Baca Tulis Al-Quran, Bimbingan, Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Amaliah, I. N., Nuroni, E., & Pamungkas, M. I. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi). SPeSIA: Prosiding Pendidikan Agama Islam, 4(2), 229–236. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/12276

Bunga, N., Patih, M., Mahmudah, S. R., & Masduki, Y. (2022). Peningkatan Baca Tulis Al Qur ’ an melalui Matrikulasi BTQ di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 1791–1795.

Dan, H., Dengan, R., & K, Y. S. (2009). ISLAM SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Sarjana Strata Satu Pendidikan Islam Disusun Oleh :

Idris, M. (2020). Implementasi Program BTQ (Baca Tulis Al Qur'an) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman Yogyakarta. Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1.

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (1998). Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 1998), h. 115 1.

Jurumiah, A. H., & Saruji, H. (2020). Sekolah Sebagai Instrumen Konstruksi Sosial di Masyarakat (School As a Social Construction Instrument In The Community). Istiqra’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 1–9.

Kusuma, Y. (2018). Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 46–58. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520

Rif’iyati, D. (2019). Penguatan Baca Tulis Alquran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Iain Pekalongan. Madaniyah, 9(2), 297–312.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.