Penerapan Kegiatan Hizbul Wathan Dalam Meningkatkan Karakter Kemandirian dan Gotong Royong Siswa Fase B SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta

Indah Wulan Safitri, Amanda Prisilia Putri, Kirana Prama Dewi, Sri Lestariningsih

Abstract


Sekolah dapat menjadi salah satu sarana pembentukan karakter yang baik, selain pendidikan lingkungan di rumah seperti pendidikan dari orang tua. Adanya kegiatan Hizbul Wathan di sekolah dapat membentuk karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk melakukan hal penelurusan penerapan kegiatan Hizbul Wathan upaya meningkatkan kemandirian dan gotong royong siswa fase B di SD Muhammadiyah Karangwaru. Hizbul Wathan adalah organisasi kepanduan yang berfokus pada pengembangan karakter, kemandirian, dan semangat gotong royong. Metode penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memaparkan bahwa kegiatan Hizbul Wathan telah berkontribusi positif dalam meningkatkan kemandirian siswa dengan melibatkan mereka dalam kegiatan pramuka seperti memasak, berkemah, dan berkebun. Selain itu, kegiatan gotong royong juga ditekankan dalam keiatan ini, yang melibatkan siswa dalam membersihkan lingkungan sekolah, dilatih untuk membuat tenda, tali temali, dan menyambung tongkat. Secara keseluruhan, penerapan kegiatan Hizbul Wathan telah membantu siswa fase B SD Muhammadiyah Karangwaru untuk mengembangkan karakter kemandirian dan semangat gotong royong yang penting untuk masa depan mereka. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang manfaat kegiatan Hizbul Wathan dalam menumbuhkan karakter siswa tingkat Sekolah Dasar..

Keywords


Penerapan Hizbul Wathan, karakter, Kemandirian, dan gotong royong

Full Text:

PDF

References


Alfatah, A. I., Rahayu, M., & Sabiq, A. F. (2021). Tantangan Pendidikan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Mandiri Pada Masa New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 86–94.

Emilda, A., Fitria, H., & Karakter, P. (2022). Implemenstasi Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Duta Pendidikan. 6(20), 14058–14063.

Endang Listiowati. (n.d.). Wahana Peningkatan Kompetensi Bela Negara Peserta. 2, 118–122.

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112.

Hermanto, H., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1502–1508.

Klaten, T. G. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka di sd negeri 1 towangsan gantiwarno klaten tahun pelajaran 2021/2022.

Kurniawan, A., Studi, P., Administrasi, M., Pascasarjana, S., & Surakarta, U. M. (2022). DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG BOYOLALI DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG BOYOLALI.

Kuswanto, C. W., & Syahrudin, I. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan (HW). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 175–188.

Setyawan, A. D., & Pangestuti, G. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Karawitan Di Sd N 2 Balong. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3).

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173.

Fatimah, S. (2017). Pembelajaran di Era New Normal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kusumandari, P., & Rohmah, N. (2018). Manajemen Ekstrakulikuler Hizbul Wathan untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 267–278.

Mirnawati, S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Era “New Normal.” Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 81–92.

Mubarok, H. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (Hw) Di Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Mustari, M. (2011). Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. 1–13.

Saring Marsudi, E. N. (2015). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan Di Sd Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Aktualisasi Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta

Didik Yang Berkarakter, ISBN: 978-, 295–304.

Sebagai, D., Satu, S., Menyelesaikan, S., Studi, P., Administrasi, M., & Sekolah, P. (n.d.). Magister administrasi pendidikan sekolah pascasarjana universitas muhammadiyah surakarta 202 1.

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 480–487.

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.