Pengaruh Administrasi Sekolah pada Minat Belajar Siswa di SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta

Nimas Wening Kurniannur, Arif Rahman, Rochmad Puspo Purnomo

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran nyata sekaligus praktek nyata dalam  kegiatan pembelajaran yang berlangsung di lingkungan sekolah. Sifat peserta didik yang tidak selalu sesuai dengan ekspektasi dan untuk mempersiapkan mental pendidik bagi kita selaku calon pendidik. Ruang lingkup penelitian yang kita gunakan hanya sebatas dalam lingkungan sekolah dengan menggunakan metode pengamatan langsung, wawancara, dan observasi pada bagian-bagian tertentu. Hasil yang telah penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah penulis dapat menganalisis persoalan yang terjadi di sebagian sekolah yang masih terkendala dalam administrasi serta apa saja penyebabnya dan dikaitkan dengan kurikulum serta karakter anak saat ini. Kesimpulannya dalam sekolah tersebut masih menggunakan kurikulum 13 sebagai landasan kurikulum, maka kita dapat memperkenalkan bagaimana kurikulum merdeka yang saat ini telah diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia.

Keywords


Administrasi, Pendidikan, Pelajar

Full Text:

PDF

References


Harma, T. rafi, & Afriasyah, A. (2019). Pentingnya Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1–19.

Hasbiyallah, Mahlil Nurul Ihsan, (2019). Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. In Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.33366/rfr.v9i1.1260

Maisaroh, S., & Danuri. (2020). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, hal 163-167. https://osf.io/preprints/inarxiv/xervy/download

Moshinsky, M. (2018). Administrasi Pendidikan Teori dan Praktik di Lembaga Pendidikan. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahman, A. (2016, October). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75-88.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Rifa’i, M. (2018). Manajement Peserta Didik. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Santriati, M. (2019). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281–292. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/10178

Sulistyorini, Johan Andriesgo, (2021). SUPERVISI PENDIDIKAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.