Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMAN 1 Piyungan

Citra Rana Sari, Huuriyah Nahda, Khairul Dwi Pangestu, Hardi Prasetiawan, Romyandri Astuti

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMAN 1 Piyungan. Peran guru BK dalam upaya pembentukan karakter siswa di sekolah ini mencakup sejumlah strategi, seperti pembiasaan pendampingan bagi siswa yang terlambat, pengecekan kelengkapan atribut sekolah, dan pemberian sanksi terkait disiplin berpakaian dan waktu. Selanjutnya, guru BK memberikan layanan bimbingan klasikal dengan tema manajemen waktu, bertujuan agar peserta didik dapat lebih menghargai dan mengelola waktu dengan baik. Dalam layanan ini, siswa diajarkan untuk membuat daily planner kegiatan sehari-hari dan memprioritaskan kegiatan mereka. Guru BK juga melaksanakan layanan bimbingan kelompok yang menekankan pentingnya disiplin bersikap, termasuk cara berbicara dan berperilaku yang baik. Terakhir, melalui konseling individu, siswa diberi pemahaman tentang pentingnya disiplin pribadi dan bagaimana mengelola diri serta berkomitmen untuk perilaku yang disiplin dalam berbagai aspek kehidupan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana peran guru BK dapat berkontribusi untuk membentuk karakter siswa yang disiplin di SMAN 1 Piyungan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pendekatan tersebut dalam konteks pendidikan karakter.

Keywords


Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK), Pembentukan Karakter, Displin , SMAN 1 Piyungan.

Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Saputra, W. N. E., Wahyudi, A., Supriyanto, A., & Muyana, S. (2019). Self-Regulation of Emotion Module to Reduce Aggressive Behavior. 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 262–265. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.6

Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117.

Nuralan, S., Ummah, Muh. K., & Haslinda. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan DanPembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).

Nurisma, S. Z., Saputra, W. N. E., Putranti, D., & Sutanti, T. (2020). Sosiodrama Kedamaian: Teknik Bimbingan Kelompok dalam Mereduksi Agresivitas Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 148–154.

Palunga, R., & Marzuki. (2017). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Purwati, & Faiz, A. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.