PROFIL PERILAKU BULLYING DI SMPN 3 SEWON

Nurmavita Putri Lianingsih, Muya Barida, Fitri Pratiwi

Abstract


Fenomena perilaku bullying marak terjadi pada kalangan remaja terutama di lingkup instansi pendidikan khususnya Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada saat remaja individu belum memiliki emosi yang stabil. Profil perilaku bullying erat kaitanya dengan kepribadian kepedulian rendah, lingkungan keluarga dan pertemanan buruk, serta pernah menjadi korban bullying. Terdapat ide ide yang dapat dimunculkan guru BK guna mengatasi permasalahan bullying di sekolah seperti koordinasi dengan wali kelas, wali murid,melakukan bimbingan dan konseling kelompok, dan sanksi bila perlu. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adanya ide ide dari guru BK yang inovatif dan diterapkan ternyata cukup mampu mengatasi permasalahan perilaku bullying apabila diterapkan di sekolah.

Keywords


Perilaku, Bullying, Siswa

Full Text:

PDF

References


Fikriyah, S., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Fithria, R. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying. Idea Nursing Journal, VII (3), 9–17.

Sanyata, S. (2010). Teknik dan srategi konseling kelompok. Jurnal UNY Ac.Id Paradigma, 06, 105–120.

Septiyuni, Dara Agnis, dan D. B., & Wilodati. (2015). PENGARUH KELOMPOK TEMAN

Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi (Sosietas), Vol 5, No.

Somantri, G. R. (2005). Makara Human Behavior Studies in Asia Memahami Metode Kualitatif. 9(2), 57–65.

Suci, N., Jelita, D., Purnamasari, I., & Artikel, I. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11.

ZAKIYAH, E. Z., SAHADI HUMAEDI, & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4, 324– 330.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.